PLTB Terbesar di Asia Tenggara akan Dibangun di Sukabumi

Turbin pembangkit listrik tenaga angin
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Investor asal Amerika Serikat PT UPC Renewables akan membangun pembangkit listrik tenaga bayu atau angin (PLTB) di Sukabumi, Jawa Barat. Bila selesai dibangun PLTB ini digadang-gadang akan menjadi PLTB terbesar di Asia Tenggara.

Jalan Berliku Penerapan Energi Baru Terbarukan

Pembangunan pembangkit tenaga angin tersebut merupakan kelanjutan dari kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat pada 2015 lalu. Rencananya PLTB Sukabumi berkapasitas 250 megawatt, yang merupakan kapasitas terbesar di Asia Tenggara.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Jumat 23 September 2016, mengatakan pembangunan sendiri mulai konstruksi pada Februari 2017 dan operasi pada pertengahan 2018. PT UPC Renewables juga tengah membangun PLTB dengan kapasitas 70 megawatt di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Target Energi Baru Terbarukan 2025 Meleset dari 23 Persen Jadi 17 Persen

Untuk memuluskan rencana tersebut PT UPC menggelar pertemuan dengan pemerintah kabupaten Sukabumi agar rencana tersebut berjalan sesuai harapan.

Marwan mengatakan pembangunan PLTB itu terdapat di lokasi geopark yang diharapkan akan memberi dampak kepada pariwisata di sekitarnya dengan mengadopsi kondisi di Korea.

Menteri ESDM Targetkan RUU EBET Rampung di Kuartal I-2024

Mohamad Akasah/Sukabumi

Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly

PLN Dapat Komitmen Hibah dari AS untuk Studi Pengembangan Mini-Grid EBT Daerah 3T di Indonesia Timur

PT PLN (Persero) mendapat dana hibah senilai sekitar USD 1 juta dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat atau The United States Trade and Development Agency

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2024