Pengusaha Punya Cara Bikin Industri di RI Lebih Kompetitif

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri, Johnny Darmawan (kiri).
Sumber :
  • Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Industri, Johnny Darmawan, mengatakan pemerintah bisa dengan cepat menjadikan industri nasional lebih kompetitif. Salah satu caranya dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Dia menambahkan industri bahan baku juga harus didorong pertumbuhannya. Sehingga, impor bisa ditekan dan industri mudah mendapatkan bahan baku dan lebih terjangkau. 

"Kalau melihat gejala deindustrialisasi dan bagaimana mengatasinya, mudah. Semua industri harus kita pikirkan, kata kuncinya kompetitif," kata Johnny di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Jumat 23 September 2016.

Mahfud MD Kritik Industrialisasi: Laut Kita Berlimbah, Udara Racuni Paru-paru Kita

Dia mengungkapkan, jika kedua hal tersebut bisa diakomodir pemerintah, efisiensi biaya produksi pasti bisa ditekan. Sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih murah tapi memiliki kualitas yang baik.

"Tidak ada kata lain, produksi atau proses dalam negeri. Logistik cost mahal, part kalau impor dari luar negeri bisa 20 sampai 30 persen," ujarnya menambahkan.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Johnny menegaskan, sinkronisasi antar lembaga pemerintahan juga perlu diperbaiki, agar segala bentuk perizinan menjadi lebih mudah. Karena selama ini, rumitnya aspek birokrasi kerap membuat pengusaha enggan berinvestasi di tanah air.

"Roadmap punya, tapi ada enggak koordinasinya. Saya banyak belajar, di birokrasi itu nggak gampang, karena kementerian mungkin enggak sinkron," ujarnya.

Guna mendorong daya saing industri, Johnny juga menekankan perlunya peningkatan fasilitas, khususnya  infrastruktur dasar. Antara lain pengadaan jalan, pelabuhan, dan soal kelistrikan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya