TUTUP
TUTUP
BISNIS

e-Warong Bikin 'Resah,' Mensos Khofifah Menanggapi

Harga e-Warong lebih murah karena untuk penerima bansos.
e-Warong Bikin 'Resah,' Mensos Khofifah Menanggapi
Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa (VIVA.co.id/Danar Dono)

VIVA.co.id – Kementerian Sosial (Kemensos) telah meluncurkan elektronik warung gotong royong (e-Warong), yaitu Kelompok Usaha Bersama (Kube) untuk penyaluran bantuan sosial (bansos). Karena disubsidi, barang-barang yang dibeli oleh penerima bansos tentu saja lebih murah dari warung umum.

Karena lebih murah, muncul keluhan dari beberapa pemilik warung konvensional yang dikelola warga sekitar e-Warong berada. Di antaranya terjadi di e-Warong yang ada di Malang, Jawa Timur. 

Seperti diketahui, e-Warong di Malang adalah yang pertama diluncurkan oleh pemerintah beberapa bulan lalu.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan agar pengelola e-Warong bisa berkomunikasi dengan baik dengan pemilik warung warga di daerah sekitar.

"Itu terjadi di e-Warong Malang, karena barang yang dijual lebih murah, warung lain mungkin gerah. Saya berpesan kepada semua e-Warong yang sudah berdiri, sampaikan ke warung-warung sekitar bahwa pembeli E-Warong hanya penerima bantuan sosial," ujar Khofifah saat meluncurkan e-Warong Kube di Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Jumat, 23 September 2016. 

Ketua Umum PP Muslimat NU itu menjelaskan, harga bahan pokok yang dijual e-Warong lebih murah karena barangnya disuplai dari Badan Urusan Logistik (Bulog) dan disubsidi oleh pemerintah. 

"Barang yang dijual di e-Warong dari Bulog," ungkap Khofifah.

Launching e-Warong di Kediri, lanjut dia adalah yang 19. Ditargetkan, tahun ini sudah berdiri 300 e-Warong di seluruh Indonesia sebagai tempat dan sistem penyaluran bansos.

Penyaluran bansos melalui e-Warong dilaksanakan bekerja sama dengan bank milik negara (BUMN).

"Hal ini sesuai arahan Presiden bahwa semua bansos disalurkan melalui sistem perbankan agar terawasi dengan baik penyalurannya," kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Andi Dulung di tempat yang sama. 

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP