TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Usia Anda 30 Tahun, Beli Rumah atau Apartemen?

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan.
Usia Anda 30 Tahun, Beli Rumah atau Apartemen?
Ilustrasi perumahan rakyat. (kemenpera.go.id)

VIVA.co.id – Memiliki sebuah hunian yang lebih baik dan nyaman tentunya diinginkan oleh hampir semua orang. Hunian saat ini juga terlihat lebih beragam. 

Rumah di komplek perumahan, apartemen, rumah susun dan jenis lainnya bisa menjadi alternatif pilihan hunian bagi anda, sesuai dengan budget yang dimiliki. Jenis rumah tersebut juga secara umum sudah sangat layak dan teratur serta aman untuk ditinggali. 

Seiring bertambahnya usia, seperti hampir menginjak usia 30 tahunan, memilih hunian juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan kenyamanan hidup. Dalam hal ini, kita akan lebih memfokuskan pada hunian berupa apartemen dan juga rumah tinggal biasa. 

Ada beberapa pertimbangan mengapa sebagian orang di usia 30 tahunan memilih untuk tinggal di apartemen atau malah ingin tinggal di rumah tinggal seperti pada umumnya. Faktor penentunya bisa datang dari keadaan keuangan atau hal lainya yang mendorong keputusan untuk tinggal dalam dua jenis hunian ini. 

Jika anda memilih apartemen pertimbangkan hal-hal ini sebelum memutuskannya:

1. Fasilitas yang lengkap

Hunian jenis apartemen, memang cukup digemari saat ini, terutama di wilayah perkotaan. Tidak heran jika Jakarta atau Bandung, terus melakukan perkembangan di bidang property khususnya untuk apartemen. Bentuknya yang seperti hotel dan memiliki fasilitas lift ini memang hunian yang menawarkan beberapa kelebihan untuk konsumennya. 

Di sekitar apartemen, anda juga dapat menemukan fasilitas lainya, seperti mini market, kafe, salon, kolam renang, pusat kebugaran, laundry dan masih banyak lagi. 

2. Dapat menjadi investasi jangka  menengah

Apartemen sepertinya dapat dijadikan sebagai cara untuk investasi jangka menengah. Harga apartemen memang lebih murah dibandingkan dengan rumah di komplek perumahan atau rumah biasa, namun apartemen bisa menguntungkan juga jika anda menyewakannya kembali. 

Akan lebih menguntungkan lagi jika apartemennya berada di lokasi strategis. 

3. Peraturan

Memilih tinggal di apartemen berarti anda harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh pengembang apartemen. Sama halnya dengan hotel, apartemen juga memiliki beberapa peraturan untuk para penghuninya, salah satunya seperti tidak memelihara hewan seperti anjing dan kucing, dan tidak membawa orang asing tanpa melapor terlebih dulu kepada keamanan apartemen. 

4. Sifat individualisme

Apartemen memang terkesan bagian ruangan yang dekat dengan ruangan lainnya yang juga ditempati oleh orang lain. Namun, kenyataannya kehidupan di apartemen lebih bersifat individualisme. 

Berbeda halnya jika kita memiliki rumah, tetangga kita biasanya cukup mengenal kita dan sesekali berkunjung. Hal seperti itu tidak terlalu sering terjadi di apartemen. 

Jika anda memilih rumah tinggal biasa, maka pertimbangkan beberapa hal berikut:

1. Harga tanah yang meningkat

Bisa dibilang, harga tanah memang akan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Inilah sebabnya, sebagian orang ingin cepat-cepat memiliki rumah sebelum harganya naik. 

Lokasi yang juga strategis dan area yang bebas banjir dapat membuat harganya semakin naik. Untuk investasi membeli rumah tentu juga akan menguntungkan, walaupun terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjualnya kembali.

2. Bersosialisasi

Berbeda dengan di apartemen yang lebih individualisme, di hunian rumah biasa kita bisa lebih berbaur dengan tetangga sekitar kita. Di rumah biasa juga kita biasanya memiliki sistem rukun tetangga dan juga rukun warga. Silaturahmi tentunya bisa lebih maksimal.
 
3. Bebas menentukan model bangunan

Salah satu keuntungan memilih untuk membangun rumah adalah kita dapat menentukan model bangunanya sesuai keinginan kita. Zaman sekarang ini, model rumah juga macam-macam dan lebih terkonsep. Jika di apartemen, tentunya kita tidak bisa memilih model seperti ini. 

4. Biaya perawatan rumah cukup besar

Membeli rumah pribadi, berarti kita juga harus siap dengan biaya perawatan rumahnya nanti. Sewaktu-waktu rumah bisa saja mengalami kebocoran, dan kerusakan tertentu yang sebagiannya memerlukan dana yang cukup besar untuk kembali seperti semula. 

Tentu saja, rumah yang rusak tidak bisa dibiarkan begitu saja. anda harus memiliki anggaran khusus untuk ini.

Pilih hunian yang sesuai dengan budget dan terjamin keamanannya 

Yang terpenting adalah, pilih jenis hunian yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Baik itu dicicil maupun membayarnya secara cash , usahakan jangan terlalu membebani Anda. 

Selain itu, pilih juga hunian yang terjamin keamanannya. Di usia 30 tahun,Anda yang sudah berkeluarga tentunya ingin tinggal di sebuah hunian yang aman bukan. Adapun faktor lainya bisa dikondisikan setelah memilih huniannya.

 

(ren)
 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP