TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mau Dekorasi Kamar dengan Warna Gelap, Ini Panduannya

Jika dipadukan, mampu menghadirkan kenyamanan dan nuansa dramatis.
Mau Dekorasi Kamar dengan Warna Gelap, Ini Panduannya
Ilustrasi ruang kamar berwarna gelap (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Ada asumsi yang terbangun, saat sebuah kamar didekorasi dengan warna gelap maka akan terkesan suram dan menyedihkan. Ada juga yang menyatakan, kamar dengan menggunakan permainan warna gelap, dapat terlihat kecil dan penuh sesak. 

Padahal, ketika warna gelap diterapkan dengan baik, maka warna tersebut akan mampu menghadirkan sebuah kenyamanan dan nuansa dramatis. Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat ingin mendekorasi ruangan dengan warna gelap:

Pertama, gunakan warna hitam untuk menyatukan ruang. Warna gelap biasaya memiliki kemampuan untuk menyatukan berbagai elemen yang berbeda pada sebuah ruangan. Warna gelap juga mampu menciptakan tampilan yang kohesif. 

Kedua, saat mendekorasi dengan warna gelap, otomatis Anda harus berpikir tentang kontras dan keseimbangan. Jadi, jika menghadirkan dinding dengan warna hitam maka beberapa benda-benda dekorasi harus tampil dengan warna yang cerah, sehingga memberikan nuansa kontras. 

Ketiga, jangan hadirkan terlalu banyak pola pada ruangan. Adalah hal yang bagus untuk memiliki beberapa pola di setiap kamar, tapi di ruangan gelap itu sebaiknya dibatasi, hanya satu atau dua saja. 

Warna gelap menghadirkan nuansa dramatis, dan tentu Anda tidak ingin merusaknya dengan menampilkan terlalu banyak pola. Terlalu banyak pola akan membuat ruangan terlihat berantakan. 

Keempat, setiap ruangan bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan warna gelap, tetapi jika Anda tidak yakin atau tidak mengambil risiko terlalu besar, Anda dapat mencobanya di sebuah ruangan kecil.

Carilah kamar yang berukuran tidak terlalu besar, dan tidak terlalu sering dikunjungi atau Anda tidak banyak menghabiskan waktu di dalamnya. Jadi Anda dapat bereksplorasi dengan bebas pada ruangan tersebut.

Meski pada dasarnya, warna gelap akan sangat cocok dan menarik untuk diterapkan sebagai dekorasi ruang perpusatakaan, bahkan juga untuk ruang makan. 

Mendekorasi ruangan dengan warna gelap, bisa jadi memang akan sangat mengintimidasi, tapi tidak perlu terlalu takut untuk melakukannya. Untuk inspirasi dan ide-ide, atau jika Anda hanya perlu sedikit meyakinkan diri, carilah referensi foto ruang-ruang yang menggunakan warna gelap di majalah interior. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP