TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cerita di Balik Nama 10 Perusahaan Raksasa di Dunia

Di balik sebuah merek dagang, ada cerita menarik saat penentuannya.
Cerita di Balik Nama 10 Perusahaan Raksasa di Dunia
Sandal Lego (Instagram John Regefalk )

VIVA.co.id – Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan atau merek-merek terkenal saat ini mendapatkan nama mereka? 

Karena kesuksesan mereka memilih nama, perusahaan yang mayoritas mencakup pasar global ini sangat akrab dengan konsumennya. Tetapi, siapa yang sangka di balik nama tersebut memiliki makna dalam dan mencerminkan produk itu sendiri. 

LEGO misalnya, adalah kombinasi dari kosa kata Denmark yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia,memiliki arti bermain dengan baik.

Dilansir dari Business Insider, Senin 26 September 2016, berikut etimologi atau asal-usul suatu kata 10 perusahaan besar di dunia yang memiliki arti yang menarik. 

1.IKEA

Pendiri IKEA Ingvar Kamprad, mengkombinasikan inisialnya dengan nama peternakan dan sebuah kampung di Swedia. Daerah itu merupakan tempat di mana Ingvar menghabiskan masa kecilnya. 

2. LEGO

LEGO merupakan kombinasi dari salah satu kosa kata bahasa Denmark yaitu Leg Got yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya bermain dengan baik. 

3. WD 40

Nama pelumas penghilang karat ini merupakan hasil klimaks dari sebuah uji coba. WD-40 tercipta setelah para peneliti produk melakukan uji coba produk ini selama 40 kali di laboratorium. 

4. Reebok

Berasal dari kata 'Rhebok' yang merupakan nama Afrika untuk mamalia meyerupai kambing yang memiliki tanduk tegak. Hewan tersebut cepat dan lincah di habitatnya. 

5. Sony

Sony terinspirasi dari bahasa latin 'Sonus' yang berarti suara dan bebas berkspresi atau gaul. Sonny Boy pada 1950 di Jepang, digambarkan sebagai anak muda yang aktif dan pintar. 

6. Starbucks

Raksasa kopi di dunia ini mengambil namanya dari sebuah novel karya Herman Melville yaitu Moby Dick. Kisah pasangan cinta yang sedang berlayar memulai tradisi perdagangan kopi di dunia. 

7. Amazon

Jeff Bezos, pendiri Amazon ingin inisial perusahaannya berhuruf A, agar berada di daftar alphabet pertama. Ahirnya dia mengambil nama sungai paling besar di dunia, dengan harapan perusahaannya akan menjadi besar. 

8. BlackBerry

Nama ini diciptakan pada 1999, artinya sederhana yaitu karena tombol-tombol yang ada di perangkat ini menyerupai biji di beberapa buah. 

9. Canon

Nama lain dari Kwanon, yaitu seorang Dewi dalam agama Budha. Perusahaan itu akhirnya mengganti nama menjadi Canon pada 1935, untuk bermain di pasar Internasional. 

10. Google

Raksasa teknologi dunia itu mengambil nama Google dari Googol. Adalah istilah matematika untuk angka satu. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP