TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

KAI Optimalkan Layanan Logistik dengan Sistem Digital

Pembenaharan sistem digital butuh waktu selama lima tahun.
KAI Optimalkan Layanan Logistik dengan Sistem Digital
Kereta Api Indonesia (rizqialextoramadhan.wordpress.com)

VIVA.co.id – Guna mengoptimalisasi layanan kereta api logistik atau kereta barang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) rencananya akan menerapkan sistem digital untuk memantau pengiriman barang.

Direktur Komersial dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo mengaku, hal ini dilakukan KAI agar pelayanan angkutan logistik bisa dimaksimalkan, dan akses informasi pengiriman barang menjadi lebih mudah.

Dia menyebut, nantinya penerapan sistem digital bagi kereta api logistik ini akan dibuat serupa dengan proses ticketing kereta penumpang. Targetnya, penerapan digitalisasi kereta barang ini akan dibuat sampai tahun 2018 mendatang.

"Ini menyontohkan sistem ticketing passenger. Aplikasinya sudah ada, tinggal mengembangkan yang ada. Kita punya peta jalan sampai 2018," kata Kuncoro di Jakarta Pusat, Senin 26 September 2016.

Kuncoro menjelaskan, proses digitalisasi sistem untuk memonitor pengiriman logistik melalui sarana kereta api membutuhkan waktu persiapan dan pembenahan selama kurang lebih lima tahun.

Hal ini menurutnya berkaca pada upaya serupa, saat PT KAI melakukan upaya digitalisasi kereta penumpang.

"Sebab untuk jenis angkutan barang, kita perlu waktu untuk mengembangkan. Kita akan mentransformasi (sistemnya) seperti sistem angkutan penumpang," ujarnya.

Kuncoro mengatakan, untuk tahun depan pihaknya telah menargetkan persentase angkutan barang lebih besar dibanding dengan angkutan penumpang.

Prediksi untuk persentasenya sebesar 60 persen dari total angkutan, sedangkan 40 persen sisanya merupakan angkutan penumpang. Dirinya menyebut, target ini dibuat pihaknya dengan memperhatikan peningkatan akses informasi pengiriman barang, melalui kereta api logistik yang jumlahnya makin meningkat setiap tahun.

"Volume angkutan barang saat ini sudah cukup besar. Tahun depan 60 persen (muatan) ada di angkutan barang. Begitu semuanya akan terkait dengan pengusaha, yang akan mudah sekali mengakses pasar di KAI," ujarnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP