TUTUP
TUTUP
BISNIS

Sejumlah Kementerian Rapat Tax Amnesty di BI

Pembahasan berkisar pada kemajuan realisasi tax amnesty.
Sejumlah Kementerian Rapat Tax Amnesty di BI
Kantor Bank Indonesia yang berada di Jakarta (REUTERS/Iqro Rinaldi)

VIVA.co.id – Sejumlah menteri, Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggelar rapat di Menara Radius Prawiro, Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat. Mereka membahas sinergi kebijakan untuk optimalisasi program pengampunan pajak atau tax amnesty, serta kondisi perekonomian terkini.

Rapat yang dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Gubernur BI Agus Martowardojo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad.

Saat ditemui sebelum rapat dimulai, Menko Darmin tak bicara banyak terkait rapat yang digelar tertutup ini. "Cuma diskusi saja," ujar Darmin di kantor pusat BI, Jakarta Pusat, Senin 26 September 2016.

Diketahui sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo, pernah mengatakan jika sejumlah kementerian terkait akan menggelar round table discussion, pada hari Senin ini. Beberapa hal yang dibahas menurutnya berkisar pada kemajuan realisasi tax amnesty dan masalah inflasi.

"Senin kita melakukan round table discussion soal progress tax amnesty dan inflasi. Kita bicara ekonomi secara umum," kata Agus.

Agus mengatakan, faktor yang perlu diwaspadai karena akan berpengaruh pada inflasi tahun depan adalah mengenai gejolak harga pangan dan kenaikan tarif dasar listrik. Sebab, BI telah memperkirakan jika inflasi tahun depan akan berkisar antara 3-5 persen.

"Sudah didiskusikan, penting sekali koordinasi di waktu yang tepat supaya inflasi rendah. Karena kalau listrik naik tarifnya, dampak inflasi 0,8-1,1 persen di 2017. Serta mengarahkan subsidi lebih tepat sasaran," ujarnya.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP