TUTUP
TUTUP
BISNIS

BNP2TKI Ingin TKI Harus Dilayani Seperti Seorang Investor

Negara wajib memperhatikan para buruh migran di luar negeri.
BNP2TKI Ingin TKI Harus Dilayani Seperti Seorang Investor
Ribuan TKI dan diaspora Indonesia. (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)

VIVA.co.id – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, menginginkan para buruh migran yang bekerja di luar negeri mendapatkan pelayanan lebih seperti investor. Bagi dia, TKI merupakan seorang investor dan memberikan sumbangan devisa bagi negara ini.

“TKI itu sudah selayaknya juga diberikan pelayanan seperti seorang investor,” kata Nusron dalam acara Program Poros Pelatihan dan Pemberdayaan TKI Daerah Perbatasan di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa 27 September 2016.

Menurut politisi Golkar itu, buruh migran merupakan aset berharga. Maka, negara wajib memperhatikan para buruh migran di luar negeri.
 
“Mereka juga warga negara yang telah menyumbang devisa, maka negara wajib memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka,” ucap Nusron.

Dia pun berharap, dengan adanya Program Poros Pelatihan dan Pemberdayaan TKI Daerah Perbatasan, lima Kabupaten di Kalimantan Barat yang dekat dengan perbatasan akan menjadi daerah yang bebas dari calo TKI dan tindak pidana perdagangan orang.

“Beragam layanan dokumen TKI akan diintegrasikan dalam kantor layanan terpadu ini, meliputi layanan administrasi kependudukan, ketenagakerjaan, E-KTKLN (elektronik kartu tenaga kerja luar negeri), SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), serta keimigrasian. Layanan yang disediakan nantinya berbasis sistem informasi, non tunai dan terintegrasi,” ujar Nusron.

Adanya layanan terintegrasi di satu pintu ini, ia menyebut maka proses pengurusan dokumen TKI menjadi mudah, cepat, transparan dan pasti. “Pada saatnya apabila fasilitas ini beroperasi tentunya akan menghapus praktik percaloan, pungutan liar dan pengurusan dokumen palsu,” kata Nusron.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP