TUTUP
TUTUP
BISNIS

Pemerintah Dorong Program Ini Agar Masyarakat Desa Sejahtera

Desa yang maju adalah desa yang fokus kelola usahanya.
Pemerintah Dorong Program Ini Agar Masyarakat Desa Sejahtera
Petani panen padi di sawah. (REUTERS/Beawiharta)

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia tengah menggalakkan program badan usaha milik desa (Bumdes) dan koperasi. Sebagai salah satu unit usaha, Bumdes mampu meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat desa.

Namun, pada sisi yang lain, Bumdes juga membuat lapangan pekerja baru. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sandjojo, menegaskan bahwa Bumdes cocok dan tepat untuk diterapkan di desa terkait pemanfaatan dana desa.

"Bumdes menjadi satu langkah tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Terutama, usaha yang berkaitan erat dengan kebutuhan hidup dasar seperti bahan pokok," kata Eko, dalam keterangan pers, Selasa, 27 September 2016.

Ia lalu bercerita, seseorang menjadi kaya karena memulai usaha dari yang terkecil dahulu. Lalu, perlahan mulai besar hingga usahanya tersebar di mana-mana.

"Begitu pula dalam memulai usaha di Bumdes. Carilah usaha pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Fokus terus dan memiliki skala untuk terus mengembangkan," ungkap dia.

Menurutnya, desa-desa yang maju di Indonesia dahulu merupakan desa yang fokus dalam pengelolaan usahanya. Misalkan, beberapa desa di Yogyakarta atau Klaten, yang memiliki fokus di sektor pariwisata sebagai desa wisata.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP