Pemerintah Dorong Program Ini Agar Masyarakat Desa Sejahtera

Petani panen padi di sawah.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia tengah menggalakkan program badan usaha milik desa (Bumdes) dan koperasi. Sebagai salah satu unit usaha, Bumdes mampu meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat desa.

Kebakaran Gedung Kemendes, Kerugian Capai Rp1,5 Miliar

Namun, pada sisi yang lain, Bumdes juga membuat lapangan pekerja baru. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Sandjojo, menegaskan bahwa Bumdes cocok dan tepat untuk diterapkan di desa terkait pemanfaatan dana desa.

"Bumdes menjadi satu langkah tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Terutama, usaha yang berkaitan erat dengan kebutuhan hidup dasar seperti bahan pokok," kata Eko, dalam keterangan pers, Selasa, 27 September 2016.

Diakui, Komitmen Jokowi Bangun Indonesia dari Pinggiran dan Desa

Ia lalu bercerita, seseorang menjadi kaya karena memulai usaha dari yang terkecil dahulu. Lalu, perlahan mulai besar hingga usahanya tersebar di mana-mana.

"Begitu pula dalam memulai usaha di Bumdes. Carilah usaha pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Fokus terus dan memiliki skala untuk terus mengembangkan," ungkap dia.

Eks Ketua BUMDes di Bali Jadi Tersangka Korupsi Modus Kredit Fiktif

Menurutnya, desa-desa yang maju di Indonesia dahulu merupakan desa yang fokus dalam pengelolaan usahanya. Misalkan, beberapa desa di Yogyakarta atau Klaten, yang memiliki fokus di sektor pariwisata sebagai desa wisata.

Muhaimin Iskandar

Cak Imin Usul Kementerian Pertanian Dilebur ke Kementerian Desa

Menurut Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, uang negara tidak harus habis di atas tapi harus habis di tingkat bawah, pendidikan dan desa

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2022