TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cara Hitung Bea Masuk Paket dari Luar Negeri

Wajib tahu bagi Anda yang sering belanja di luar negeri.
Cara Hitung Bea Masuk Paket dari Luar Negeri
Belanja online (steelgateglobal.com)

VIVA.co.id – Jika Anda adalah seorang online shopper yang gemar berbelanja barang-barang dari luar negeri, Anda harus teliti dengan bea masuk dari barang yang dibelanjakan.

Tidak semua barang memiliki bea masuk yang rendah. Beberapa jenis barang memiliki pajak yang jumlahnya bisa lebih mahal dari barang yang dibeli. 

Jika Anda memang membeli  barang tersebut dengan tujuan untuk konsumtif atau sekadar koleksi tentunya ini bukan masalah yang begitu besar. Sebaliknya, jika Anda bermaksud menjual kembali barang yang sudah Anda beli tentunya itu merupakan masalah yang besar. 

Sebab, semua barang yang masuk ke dalam negeri wajib melewati pemeriksaan bea cukai. Pajak yang dikenakan juga sesuai dengan jenis barang yang masuk. 

Lalu, bagaimana menghitung bea masuk barang impor yang Anda beli? Berikut ini cara yang benar agar bisa mengetahui jumlah bea masuk yang Anda terima dari barang yang di impor. 

1. Cara menghitung manual

Misalnya, Anda membeli sebuah drone dari luar negeri seharga US$45, dan dari barang tersebut Anda dikenakan ongkos kirim oleh si penjual senilai US$20. 

Karena total harga barang ditambah dengan ongkos kirim sudah melebihi batas pajak yaitu senilai US$50, maka otomatis barang tersebut sudah terkena pajak. Ketika drone kiriman Anda sudah sampai di Indonesia, maka Anda bisa mengambil barang tersebut di kantor pos yang biasanya ada di Kantor Perwakilan Bea Cukai. 

Bagaimana dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan? Berikut ini perhitungannya:

BEa Masuk (BM) = (CIF-50)*Tarif-BM
Pajak Pertambahan Nilai (PPN) = ((CIF-50)+BM)*10%
Pajak Penghasilan (PPh) = ((CIF-50)+BM)*7.5
Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) = ((CIF-50)+BM)*Tarif-PPnBM

Perhitungan tarif pajak di atas dijumlahkan semuanya. Barulah Anda bisa mengetahui berapa pajak yang harus Anda bayarkan untuk menebus barang yang sudah dikirim ke Indonesia.

2. Menghitung melalui kalkulator online

Jika Anda orang yang tidak mau kesulitan dan ambil pusing, bisa memanfaatkan fasilitas kalkulator bea masuk dan pajak impor Bea Cukai yang terdapat dalam situs sebagai berikut:

-    http://bctemas.beacukai.go.id/kalkulator
-    http://bcjakarta.beacukai.go.id/kalkulator-bea-masuk-dan-pajak-import.html

Anda perlu memahami dengan baik tentang perhitungan pajak impor barang tersebut karena kalau tidak, hanya akan 'dikerjai' oleh oknum petugas pajak yang tidak bertanggung jawab. 

Sesulit apapun proses penghitungannya, namun jika kita dapat memahami dengan baik maka kita dapat terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Jika Anda memang ingin berbelanja online dari marketplace luar negeri ada baiknya anda memperhatikan hal-hal yang sangat penting berikut ini.

- Belilah barang dan ongkos kirim yang sekiranya memiliki nilai harga di bawah US$50. Tujuannya adalah agar Anda tidak perlu membayar pajak dari barang tersebut karena aturan bebas pajak dengan limit senilai US$50.

- Sebaiknya jangan membeli barang-barang mewah seperti emas, perak, dan logam mulia lainnya kalau tidak memiliki bujet lebih. Di Indonesia, tarif PPnBM termasuk sangat tinggi. Bisa jadi pajak yang Anda harus bayarkan malah lebih mahal dari nilai barang itu sendiri.

- Jika Anda ingin membeli barang dengan harga di atas US$50, namun, bujet yang anda miliki tidak terasa cukup untuk membayar pajak yang dibebankan. Anda bisa menggunakan jasa pos internasional. 

Biasanya untuk ongkos kirim melalui jasa pengiriman ini sangat murah. Tentu saja ada harga ada kualitas, yang berarti Anda harus ekstra sabar untuk menunggu barang tersebut tiba dengan selamat di Indonesia. Estimasi perkiraan waktu sampai adalah 3-5 minggu dari saat konfirmasi pengiriman barang oleh si penjual.

Dengan informasi di atas, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin belanja lewat online shopping di marketplace asing seperti Alibaba, AliExpress, eBay, dan yang lain-lain. 

Sebelum berbelanja sebaiknya anda perhatikan dahulu barang yang dijual, apakah kualitas sesuai dengan deskripsi atau tidak. Anda juga bisa memperhatikan reputasi penjual melalui beberapa testimoni pembeli. Setelah anda benar-benar yakin, maka jangan ragu untuk membeli barang tersebut. Selamat berbelanja!

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP