TUTUP
TUTUP
BISNIS

Iran Tolak Pangkas Produksi, Harga Minyak Merosot

Arab Saudi minta Iran pangkas produksi minyak.
Iran Tolak Pangkas Produksi, Harga Minyak Merosot
Ilustrasi Pengeboran Minyak (Reuters)

VIVA.co.id – Harga minyak mentah internasional merosot hampir tiga persen pada perdagangan Selasa waktu Amerika Serikat. Hal ini setelah Iran menolak tawaran Arab Saudi untuk membatasi produksi minyak.

"Kesenjangan (dalam pandangan), antara negara-negara OPEC menyempit. Saya tidak berharap bahwa akan terjadi kesepakatan," ujar Menteri Energi Arab saudi, Khalid Al-Falih, di sela-sela pertemuan negara-negara eksportir minyak (OPEC) di Aljazair, dilansir dari Reuters, Rabu 28 September 2016.

Sebelumnya, Menteri Perminyakan Iran Bijan Zangeneh mengatakan, pertemuan kali ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengambil keputusan, apakah akan memangkas produksi atau tidak. 

"(Kami) mengacu pada pertemuan OPEC berikutnya di Wina pada 30 November," ungkapnya. 

Pada Rabu waktu setempat, rencananya OPEC akan mengadakan pembicaraan informal mengenai masalah kelebihan pasokan global yang terjadi . Para anggota juga akan bertemu dengan negara-negara produsen dan konsumen non anggota, disela-sela forum energi internasional tersebut.

Minyak mentah Brent turun US$1,38 atau 2,9 persen menjadi US$45,97 per barel. Sementara itu minyak mentah AS, West Texas intermediate (WTI) turun US$1,26 atau 2,7 persen ke level US$44,67 per barel. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP