TUTUP
TUTUP
BISNIS

IPO, Saham Aneka Gas Industri Melejit 519 Poin

Perseroan melepas 766,66 juta saham ke publik.
IPO, Saham Aneka Gas Industri Melejit 519 Poin
P?T Aneka Gas Industri Tbk catatkan saham di Bursa Efek Indonesia (VIVA.co.id/Romys Binekasri)

VIVA.co.id – PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), hari ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia, dengan melakukan pencatatan saham perdana (IPO). Perusahaan menawarkan 766,66 juta saham di harga Rp1.100 per saham

Pada debut perdananya, saham perseroan langsung melesat 519 poin ke posisi Rp1.180 per saham, sempat di harga terendah Rp1.070 per saham, dan harga tertinggi Rp1.210 per saham. Untuk harga terakhir Rp1.155 per saham.

Dengan harga penawaran Rp1.100 per saham, dan saham yang ditawarkan 766,66 juta saham. Artinya, perseroan mampu meraup dana segar sebesar Rp843,326 miliar dari proses IPO.

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan minat investor. Mereka melihat bahwa ada potensi dari AGII sebagai perusahaan gas industri nasional yang mampu bersaing dengan tiga perusahaan multinational lain. Ditambah lagi, dengan bisnis model yang kami miliki," kata Wakil Presiden Direktur AGII, Rachmat Harsono, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu 28 September 2016.

Perusahaan yang berada di bawah naungan Samator Group ini akan menggunakan dana IPO untuk ekspansi sebesar 40 persen, pembayaran utang 40 persen, dan modal kerja sebesar 20 persen.

Perusahaan sudah menunjuk PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT RHB Securities Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).

Sebagai informasi PT Aneka Gas Industri telah berdiri sejak 1961. Perusahaan ini merupakan perusahaan gas industri pertama di Indonesia, yang sebelumnya milik pemerintah Belanda.

Pada 1971, AGII pernah menjadi BUMN, tetapi Indonesia kembali menjualnya ke perusahaan asing pada 1998. Saat ini, Aneka Gas menjadi perusahaan nasional di bawah naungan Samator Group. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP