Jokowi Sidak ke Kantor Pajak Lihat Antrean Tax Amnesty

Presiden Joko Widodo sidak ke kantor pajak grogol Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke Kantor Pajak Pratama (KPP) Grogol Petamburan, Jakarta Barat, hari ini, Rabu 28 September 2016.

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Presiden tiba pukul 09.06 WIB. Saat itu, sejumlah wajib pajak sedang antre untuk membayar pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani, turut serta mendampingi Presiden. Saat di lokasi, Jokowi sempat melihat help desk, dan berbincang dengan petugas.

Saat melihat-lihat aktivitas itu, seorang perempuan yang juga wajib pajak, meminta Presiden Jokowi memperpanjang tahap pertama program pengampunan pajak, atau tax amnesty, yang akan berakhir September ini.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

"Pak diperpanjang dong tahap pertama," ujar ibu itu.

Ia beralasan, pada awal dibuka bulan Juli, masih dalam suasana libur. Menyikapi permintaan wajib pajak itu, Jokowi mengatakan, "Yang penting, inisiatif bayar pajaknya sudah bagus," katanya.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Dari situ, Jokowi naik ke lantai tiga KKP itu. Ruang itu, untuk penerimaan uang tebusan peserta pengampunan pajak. Sekitar 20 menit, Jokowi berada di KKP Jakarta Barat tersebut. Pukul 09.25 WIB, Jokowi meninggalkan lokasi tersebut.

Tujuan berikutnya, sidak dilakukan di Kantor Pajak Pratama Jakarta Pusat, yang ada di Jl.M. Ridwan Rais. Di lokasi, Jokowi tiba sekitar pukul 09.41 WIB. Seperti sebelumnya, Jokowi melihat aktivitas di tiap-tiap loket tax amnesty yang disediakan.

Animo masyarakat di KKP Jakarta Pusat, juga tidak kalah padatnya. Masyarakat kaget melihat Jokowi datang mendadak.

Antusiasme masyarakat yang tinggi ini, menurut Jokowi, harus dimanfaatkan sebagai momentum yang baik bagi keberhasilan tax amnesty.

"Momentum inilah yang harus dimanfaatkan, harus digunakan. Sebab itu, orientasi kita sekarang ini adalah membangun sebuah kepercayaan dan momentum itu sekarang ini ada," kata Jokowi di KKP Jakarta Pusat.

Ditegaskannya, reformasi sistem perpajakan, juga harus dilakukan, sehingga ke depannya, semua sistemnya menjadi lebih baik. Jokowi mengapresiasi masyarakat yang ikut tax amnesty. Apalagi, sampai ada yang sudah antre sejak pagi buta.

"Bayangkan, tadi pagi ada yang antre dari jam tiga, jam empat, jam lima. Ini kesadaran yang sangat baik dan momentumnya harus kita gunakan," kata Jokowi.

Jokowi berada di KKP Jakarta Pusat sekitar 20 menit, lalu kembali ke Istana Merdeka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya