Tingkat Kepuasaan Karyawan Pria Lebih Tinggi dari Wanita

Ilustrasi karyawan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Selama ini, pria sering dipandang lebih berambisi dalam mengejar karier, serta mampu bekerja dan bernegosiasi lebih baik ketimbang wanita. Meski begitu, hal tersebut tidak menjamin karyawan pria lebih puas dengan pekerjaan mereka, atau pun dengan berbagai faktor lainnya, seperti jenjang karier, keseimbangan antara hidup dan pekerjaan (work-life balance), serta gaji dan tunjangan mereka.

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Dalam riset terbarunya, Jobplanet menganalisis tingkat kepuasan karyawan pria dan wanita terhadap pekerjaan mereka dan beberapa faktor terkait lainnya, serta menganalisis tingkat kepuasan mereka berdasarkan level pekerjaan mereka di perusahaan.

Jobplanet menemukan bahwa karyawan pria dan wanita di Indonesia memiliki tingkat kepuasan kerja yang hampir setara. Namun, dalam beberapa faktor penilaian, karyawan wanita justru merasa lebih puas ketimbang karyawan pria.

Tak cuma Unggul Lewat Transformasi Digital, tapi Harus Menunjang Kelancaran Operasional

Berdasarkan riset tersebut, tingkat kepuasan karyawan pria terhadap pekerjaannya adalah sebesar 3,43. Sedangkan tingkat kepuasan karyawan wanita sebesar 3,42, dari nilai tertinggi 5,0.

"Meski secara umum karyawan pria lebih puas dengan pekerjaan mereka, namun jika dianalisis lebih dalam dengan memperhitungkan beberapa faktor lainnya, Jobplanet menemukan bahwa karyawan wanita memiliki tingkat kepuasan lebih tinggi terhadap jenjang karier, work-life balance, serta gaji dan tunjangan mereka. Namun, perbedaannya tidak terlalu signifikan, sehingga masih dapat dikatakan setara,” ujar Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, seperti dikutip dari siaran persnya kepada VIVA.co.id, Rabu 28 September 2016.

Unik, Kantor Ini Sediakan Dispenser Pembalut di Toilet Wanita

Survei tersebut mencatat tingkat kepuasan karyawan wanita lebih tinggi sekitar 0,02 poin dibanding pria terhadap jenjang karir, work-life balance, gaji dan tunjangan.

Jobplanet juga menemukan bahwa level pekerjaan turut menentukan tingkat kepuasan karyawan. Semakin tinggi posisi seorang karyawan di perusahaan, makin tinggi pula tingkat kepuasannya terhadap pekerjaan serta berbagai faktor lainnya.

Sebagai informasi, tingkat kepuasan karyawan dalam platform Jobplanet.com diukur dari skala 1,0 hingga 5,0. Nilai 1,0 mewakili “sangat tidak puas”, nilai 3,0 mewakili “cukup puas”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat puas”.

Melihat hasil riset Jobplanet kali ini, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan karyawan di Indonesia, baik pria maupun wanita, sudah merasa cukup puas dengan pekerjaan mereka maupun jenjang karier, work-life balance, serta gaji dan tunjangan mereka.  

Riset dilakukan berdasarkan data yang terkumpul melalui Jobplanet.com sejak September 2015 hingga Agustus 2016. Jobplanet mengelompokkan para responden berdasarkan jenis kelamin serta level pekerjaan mereka (staf dan manajer).

Total responden dalam riset ini berjumlah 45.650 orang, dengan perbandingan pria sebanyak 46,25 persen dan wanita sebanyak 53,75 persen. Para responden yang bekerja sebagai karyawan itu tersebar di 35 provinsi di Indonesia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya