Tahun Ini Dana Desa Capai Rp46,8 Triliun

Ilustrasi lahan
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah tetap berkomitmen membangun Indonesia dari pinggiran dan pedesaan. Oleh karena itu, dana desa yang dikelola Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, meningkat dari tahun ke tahun.

Mendagri Tito: Perangkat dan Kepala Desa Tidak Dapat THR

Tercatat, pada 2015, jumlah dana desa sekitar Rp22,7 triliun. Kemudian, tahun ini dua kali lipat lebih menjadi sebesar Rp46,8 triliun. Adapun, tahun depan akan dinaikkan menjadi Rp70 triliun, pada 2018, kembali melonjak signifikan Rp103 triliun, hingga 2019 menjadi Rp111 triliun.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Sandjojo, mengatakan dana ini akan dibagi ke 74.754 desa pada tahun ini. Sementara tahun depan jumlah desa bertambah 200 menjadi 74.954 desa. 

UU Desa Disahkan, Para Kades Rayakan dengan Joget Dangdut di Depan Gedung DPR RI

"Jadi, tahun ini kami menyalurkan dana desa sekitar Rp600 juta-Rp800 juta per desa. Jika digabung dengan sumber pendanaan dari kabupaten/kota atau provinsi, maka tiap desa akan menerima sekitar Rp1 miliar," kata Eko, melalui keterangan pers, Jumat 30 September 2016.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa dalam membangun desa masih terdapat kendala, seperti keterbatasan infrastruktur desa dan kapasitas atau kemampuan (SDM) masyarakat.

Cak Imin Mau Naikin Dana Desa Rp5 Miliar: Masyarakat Tak Lagi Tertarik jadi Urbanisasi

Meski begitu, hal tersebut bisa diatasi melalui ketersediaan teknologi informasi dan komunikasi yang masuk ke desa.

"Misalnya, ada kejadian wabah belalang yang menjadi hama pertanian di Kalimantan. Kemudian, di posting warga kepada saya melalui media sosial. Laporan warga kemudian saya teruskan ke Kementerian Pertanian. Lalu dikirimlah tim untuk mengatasi hama. Di sinilah peran teknologi informasi,” tuturnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya