Pasangan Petani ini Sukses Kembangkan Susu Kambing Olahan

Pengusaha susu kambing olahan Ragil Bambang Sumantri dan Nurul Azizah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – Pasangan petani ternak kambing Desa Kemadu Kecamatan Sulang, Rembang Jawa Tengah, sukses mengembangkan produk olahan berbahan susu kambing murni. Berbagai produk yang saat ini sudah cukup terkenal di beberapa kota antara lain adalah sabun susu etawa, susu murni etawa, susu rasa etawa, yoghurt serta masker susu etawa. Produk-produk tersebut saat ini sudah berhasil dipasarkan ke beberapa kota di Jawa dan luar Jawa.

Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Ragil Bambang Sumantri dan Nurul Azizah telah memulai usaha memproduksi produk olahan susu kambing etawa sejak 2006 silam. Beternak kambing menjadi pilihan hidup Ragil, lulusan sarjana teknik arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Meski tidak nyambung dengan disiplin ilmu yang ditimbanya, bukan berarti usaha ternak yang digeluti Ragil hanya sekedarnya alias asal-asalan.

Bermodalkan tekad dan dana yang tidak banyak, Ragil dan Nurul memulai usaha mereka dengan membeli delapan ekor kambing etawa untuk selanjutnya dikembangkan. Kambingnya makin berkembang, setelah setahun kemudian Ragil membentuk kelompok Tani Ternak (KTT) Margomulyo.

Kisah Srikandi RI yang Sukses Kelola Bisnis Budidaya Udang

Untuk mengembangkan usahanya, Ragil dan 25  anggota kelompok ternak Margo Mulyo menjalin kemitraan dengan PT Semen Indonesia. Pinjaman lunak yang digelontorkan PT Semen Indonesia sebesar Rp25 juta per anggota sangat efektif  untuk pengembangan sentra ternak kambing Etawa di Desa Kemadu Kecamatan Sulang.

“Saat ini di KTT Margomulyo total ada 223 ekor kambing. Punya saya pribadi ada sekitar 60 ekor kambing. Kami akan terus mencoba mengembangkan semua potensi bisnis dari ternak kambing etawa ini, kami juga berharap kemitraan dengan Semen Indonesia dapat terus terjalin melalui penguatan modal usaha. Dengan demikian bukan tidak mungkin ke depannya, di daerah kami menjadi sentra peternakan kambing Etawa," kata Ragil.

Beri Pinjaman Rp50 Miliar, eFishery Bantu Petani Lewati COVID-19

Istri Ragil, Nurul menambahkan, untuk pengembangan bisnis dari produknya, saat ini ia sudah mendirikan beberapa agen penjualan di luar kota. Bahkan agen penjualan produk olahan susu itu ada yang sudah berdiri di Palembang, Sumatera Selatan.

Saat ini ia juga mulai melakukan pengembangan melalui pemasaran online. Pemasaran ini sudah mulai berjalan dengan sasaran beberapa kota luar Jawa, seperti Batam.

Sementara itu Kepala Departemen Corporate Social Responsibility dari PT Semen Indonesia, Wahjudi Heru, mengatakan bahwa kesuksesan para mitra binaan dalam mengelola usaha yang digelutinya menjadi bukti kesungguhan perusahaan dalam membina para pengusaha kecil. Harapannya, dengan banyaknya mitra binaan yang sukses, maka dapat membuka peluang lapangan kerja baru.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya