TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Perusahaan Keluarga Jokowi Ikut Tax Amnesty

"Perusahaan ikut, karena saya enggak lagi ngurus," kata Jokowi.
Perusahaan Keluarga Jokowi Ikut Tax Amnesty
Jokowi datangi kantor DJP (VIVA.co.id/Chandra G.Asmara)

VIVA.co.id – Perusahaan milik Presiden Joko Widodo juga mengikuti program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Presiden ikut memanfaatkan tarif tebusan pada periode pertama dilaksanakannya tax amnesty tersebut.

Hal tersebut diakui Presiden saat blusukan ke kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang berada di Kawasan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat malam, 30 September 2016.

Jokowi tiba sekitar pukul 19.30 WIB dan langsung menuju ruangan para peserta tax amnesty yang masih padat hingga saat ini. Pertemuan Jokowi dengan para wajib pajak (WP) berlangsung tertutup. Awak media pun tidak diizinkan masuk ke ruangan tersebut.

Jokowi didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengecek satu per satu, setiap help desk yang disediakan oleh otoritas pajak untuk melayani para peserta tax amnesty. Sesekali, Jokowi bertanya kepada para petugas pajak soal tahapan pelayanan yang mereka berikan kepada WP.

Usai melakukan pengecekan, Jokowi mulai dihujani pertanyaan oleh para awak media. Salah satunya mengenai apakah kepala negara juga ikut serta dalam program yang efektif berlaku sejak 18 Juli 2016 lalu.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Presiden sempat tertawa dan tidak menanggapi. Namun tak lama Jokowi buka suara.

"Saya tidak (ikut tax amnesty)," ujar Jokowi.

Meskipun Presiden tidak mengikuti program tax amnesty, namun dia mengakui bahwa perusahaan yang dimilikinya telah diikutsertakan dalam program tersebut.

"Tapi perusahaan ikut karena saya tidak lagi ngurus (perusahaan itu)," kata Jokowi. (ase)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP