Cerita Sri Mulyani Stres Merasa 'Diuber-uber' Jokowi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Sejak menggulirkan kebijakan pengampunan pajak alias tax amnesty, Presiden Joko Widodo sering melakukan blusukan ke kantor pelayanan pajak (KPP) hingga kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian keuangan. Hal ini menjadi kegelisahan tersendiri bagi Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, yang merasa harus menyukseskan kebijakan tax amnesty.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Presiden sudah berkali-kali ke sini (kantor pajak). Ini buat kami stres, tapi stres yang baik. Terima kasih. Ini menjadi bagian kami untuk memperbaiki diri," kata Sri saat menyambut Presiden Jokowi di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Gatot Subroto, Jakarta, Jumat malam, 30 September 2016.

Menurut Sri, pelaksanaan tax amnesty pada periode pertama sudah membuahkan hasil yang menggembirakan. Saat ini, jumlah peserta tax amnesty terus meningkat, terlihat dari jumlah peserta hingga dana tebusan telah mencapai Rp97,1 triliun hingga pukul 20.03 WIB. Sementara total deklarasi repatriasi yang mencapai Rp3540 triliun.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Momen ini merupakan awal untuk menjadi wajib pajak yang patuh," kata Sri.

Ditambahkan Sri, para wajib pajak, ke depannya tidak boleh mengabaikan kewajiban pajak rutin mereka. Dia mengimbau kepada wajib pajak yang belum ikut program tersebut agar memanfaatkan kesempatan amnesti pajak pada periode berikutnya. (ase)

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024