Puas Tax Amnesty Periode I, Jokowi Tak Pusingkan Target

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, target uang tebusan dari program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty yang sebelumnya ditetapkan pemerintah di angka Rp160 triliun bukan lagi menjadi prioritas pemerintah saat ini.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

"Saya tidak mau bicara target," kata Presiden Jokowi usai blusukan di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat malam, 30 September 2016.

Menurut Jokowi, fokus utama pemerintah saat ini adalah merangkul para wajib pajak (WP) agar ikut berpartisipasi dalam progam tax amnesty. Hal ini dilakukan demi meningkatkan basis pajak dalam negeri.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Lagipula, mantan orang nomor satu di DKI Jakarta itu mengakui, capaian dana tax amnesty pada periode pertama tarif tebusan memang bukanlah angka yang kecil. Apalagi angka itu masih berpotensi bertambah.

"Kami ingin perluas pajak perbaiki sistem perpajakan dan perbaiki sistem pelayanan, tapi angka tadi yang saya sebutkan," katanya.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan, pemerintah telah mencantumkam program tax amnesty dalam proyeksi penerimaan pajak tahun ini yang berada di kisaran Rp1.320 triliun.

"Ya tax amnesty merupakan bagian dari penerimaan pajak," kata Menkeu. (ase)

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 harus lebih awal, karena jumlah pemudik tahun ini men

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024