TUTUP
TUTUP
BISNIS

Sukses Finansial di Usia 20-an, Ini Tipsnya

Tidak mudah, tapi akan sangat bermanfaat.
Sukses Finansial di Usia 20-an, Ini Tipsnya
Ilustrasi pengusaha alami hambatan. (U-Report)

VIVA.co.id –  Ketika kita berumur 20 tahun, maka beban tanggung jawab kita pun akan bertambah. Umur 20-an merupakan usia yang dianggap sudah dewasa dan mampu untuk hidup mandiri. 

Biasanya, di saat umur 20-an ini banyak yang sudah bekerja dan memperoleh penghasilan sendiri. Untuk itulah pengelolaan keuangan yang baik tentunya sangat diperlukan agar kita tidak kewalahan ketika ada suatu keperluan yang membutuhkan pengeluaran yang besar.

Lalu, apakah yang berumur 20-an bisa sukses dan menghasilkan uang yang sangat banyak? Tentu saja bisa. Ikuti tips di bawah ini untuk menjadi kaum muda yang sukses dan mandiri secara finansial:

1. Biasakan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran bulanan

Setiap perusahaan baik skala besar maupun kecil pastinya memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran untuk menjamin keberlangsungan perusahaan mereka dan juga memperoleh transparansi keuangan agar mereka bisa menentukan langkah strategis dalam perusahaan mereka. 

Langkah tersebut bisa anda ikuti dengan cara membuat catatan pemasukan dan pengeluaran kecil-kecilan untuk mengetahui berapa uang yang masuk dan keluar setiap harinya. 

Selain itu keuntungan lainnya adalah anda bisa menentukan apa-apa saja yang penting untuk dibeli dan mana yang tidak sehingga pengelolaan keuangan anda tentunya akan lebih  optimal.

2. Utamakan membayar utang sebelum mengeluarkan uang untuk keperluan konsumtif

Karena umur yang masih muda, maka normal apabila kita memiliki keinginan yang bermacam-macam. Apalagi setelah memiliki penghasilan sendiri, tentunya kita tidak akan merasa kesulitan lagi untuk membeli barang-barang yang sudah diimpikan sejak lama. 

Namun sebaiknya jika kita memiliki tanggungan atau utang tentunya hal tersebut harus diprioritaskan terlebih dahulu. 

Karena pastinya akan merasa berat untuk melaksanakan kewajiban kita untuk membayar tanggungan apabila sudah menghamburkan uang untuk keperluan konsumtif.

3. Mengikuti asuransi

Meskipun sebagian besar kaum muda usia 20-an masih sangat energik dan kesehatannya masih sangat terjaga, tentunya tidak ada salahnya mengikuti asuransi kesehatan. 

Hal ini sebagai langkah antisipasi untuk kejadian yang tidak diinginkan, karena tidak ada orang yang tahu apa yang akan terjadi dengan tubuh mereka di masa depan. 

Selain itu, karena biaya kesehatan di Indonesia yang setiap tahunnya selalu meningkat dan penghasilan yang tidak tentu kapan akan meningkat, pemilihan asuransi kesehatan yang tepat akan membantu memberi solusi apabila suatu saat harus mengeluarkan uang untuk biaya kesehatan.

4. Hindari berutang

Saat ini semakin mudah saja untuk membeli barang baik itu barang elektronik maupun kendaraan bermotor. Semua kemudahan itu tentunya terjadi karena barang-barang tersebut bisa dibeli dengan kredit. 

Apalagi dengan uang muka yang begitu terjangkau tentunya dapat menggoda untuk membeli barang-barang tersebut. 

Tapi sebaiknya Anda harus berpikir ulang untuk membeli barang-barang tersebut dengan cara kredit. Karena kredit itu sama dengan utang, maka Anda pun akan dituntut setiap bulannya untuk membayar cicilan dari barang yang dibeli. 

Hal tersebut tentunya akan memberatkan di kemudian hari karena membuat beban finansial semakin bertambah. Karena itu, sebaiknya hindarilah berutang kalau tidak untuk keperluan yang sangat mendesak.

5. Jauhkan sifat boros

Jalan-jalan ke tempat yang baru, makan-makan di restoran yang mahal, hal tersebut tidak bisa dipungkiri lagi merupakan keinginan setiap kaum muda yang sudah memiliki penghasilan sendiri. 

Memang, hal ini tidak masalah bagi yang memiliki  penghasilan jauh di atas rata-rata. Namun untuk yang memiliki penghasilan standar sebaiknya hindari sifat seperti ini karena efeknya yang sangat buruk. 

Jangan sampai karena ingin terlihat lebih keren daripada yang lainnya sampai berutang sana-sini untuk menutupi gaya hidup yang sudah keterlaluan tersebut.

Tidak mudah, tapi akan sangat bermanfaat

Melakukan hal sesuai teori yang sudah dianjurkan memang tidak mudah. Namun Anda akan merasakan sendiri nantinya ketika semua hal yang telah dilakukan berbuah manis. 

Selain itu, Anda tidak perlu lagi ketar-ketir mencari uang hanya untuk keperluan yang sekiranya bisa tertutupi jika memiliki pola perencanaan uang yang matang sejak dari muda.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP