Bangun LRT di Palembang, Waskita Dapat Dana Rp4,59 Triliun

Bandara Palembang
Sumber :
  • VIVAnews/Ajie YK Putra

VIVA.co.id – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sebagai kontraktor yang ditunjuk pemerintah dalam melaksanakan Pembangunan Proyek Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan mendapatkan dukungan pembiayaan dari sindikasi enam bank dan lembaga keuangan senilai Rp4,59 triliun.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Keenam anggota sindikasi tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia  Tbk  (BRI), The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. ("BTMU"), PT Sarana Multi Infrastruktur  (“PTSMI”), Bank Pembangunan Daerah Sumsel-Babel, dan bank bjb.

Dilansir dari laman Kementerian BUMN, Senin 3 Oktober 2016, pada pembiayaan ini, BNI berlaku sebagai Original Mandated Lead Arranger & Book Runner, dan BTMU sebagai Mandated Lead Arranger. Adapun BRI, PT SMI dan bank bjb sebagai Arranger, dan Bank Sumsel Babel sebagai partisipan.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Dalam kesepakatan tersebut BNI memberikan komitmen senilai Rp1,99 triliun; BTMU Rp750 miliar; kemudian PT SMI, BRI, bank bjb masing-masing Rp500 miliar; dan Bank BPD Sumsel-Babel sebesar Rp350 miliar.

Proyek LRT Palembang sepanjang 23,4 kilometer dikerjakan oleh WSKT mulai bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan Juni tahun 2018, atau menjelang berlangsungnya Asian Games. Nilai total kontrak proyek tersebut Rp12,59 triliun.

Pelari Cantik Brunei yang Selalu Ditunggu Penonton di ASG 2019

Pada proyek LRT ini, WSKT mendapat penugasan sebagai kontraktor pelaksana berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 116 tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) di Sumatera Selatan.

Penerbitan Perpres ini didasarkan pertimbangan meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di Sumatera Selatan, serta mendukung pelaksanaan Asian Games Tahun 2018. Lingkup pekerjaan WSKT di proyek ini adalah membangun jalur termasuk konstruksi jalan layang, stasiun, dan fasilitas operasional. 

Berdasarkan Perpres 116/2015 jaringan LRT terdiri atas lintas pelayanan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Masjid Agung Palembang –Jakabaring Sport City. Panjang trase 23 kilometer dilengkapi dengan 13  stasiun dan sembilan sub stasiun,serta memiliki jembatan Sungai Musi,bentang sungai 350 meter.

Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta mengatakan, dukungan BNI dalam kredit sindikasi ini merupakan salah satu bentuk dukungan riil terhadap percepatan pembangunan proyek infrastruktur.

“Pembiayaan proyek LRT di Palembang ini menunjukkan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur terus berlangsung, dan lembaga-lembaga keuangan memberikan dukungan penuh pada seluruh upaya untuk merealisasikan infrastruktur-infrastruktur penting tersebut,” ujarnya.

Direktur Utama Waskita Karya Mohammad Choliq mengungkapkan bahwa Proyek LRT Palembang secara fisik dapat diselesaikan pada bulan Februari 2018 sehingga masih ada waktu sekitar empat bulan untuk uji coba dan dapat digunakan sepenuhnya pada bulan Juni 2018 guna mendukung pelaksanaan Asian Games.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya