TUTUP
TUTUP
BISNIS

Cara Memilih Kartu Kredit Pertama

Kartu kredit sebaiknya sesuai dengan fungsinya.
Cara Memilih Kartu Kredit Pertama
Ilustrasi kartu kredit. (U-Report)

VIVA.co.id – Kartu kredit adalah alat pembayaran yang makin dibutuhkan masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun ke depan, pertumbuhan penggunaan kartu kredit khususnya untuk generasi milenial diprediksi makin meningkat. 

Sama seperti saat pertama kali belajar menyetir, memilih kartu kredit bakal menjadi hal yang harus Anda lalui dalam tahap menjadi dewasa.
 
Di satu sisi akan menyenangkan karena bakal mendapatkan banyak keuntungan seperti kesempatan mengumpulkan reward poin dan diskon, namun di sisi lain bisa menghantui Anda lantaran berpotensi meningkatkan utang. 

Agar Anda tidak salah pilih, ini tips yang harus diketahui sebelum memilih kartu kredit pertama Anda:

1. Tentukan kartu kredit berdasarkan kegunaan

Bank biasanya menerbitkan kartu kredit dengan keuntungan yang berbeda. Kartu kredit A misalnya memberikan keuntungan berupa diskon belanja, cashback hingga kerja sama cicilan tanpa bunga dengan banyak merchant

Sedangkan kartu kredit B menawarkan kelebihan berupa poin yang bisa ditukar dengan tiket pesawat, voucher hotel gratis hingga akses ke airport lounge. 

Untuk itu, tentukan dulu untuk apa penggunaan kartu kredit Anda kelak. Jika Anda adalah seorang traveler yang selalu berpergian, kartu kredit yang memberikan keuntungan untuk traveling layak jadi prioritas Anda. 

Namun, bila Anda berniat menggunakan kartu kredit untuk belanja, kartu kredit yang memberikan benefit belanja seperti bunga ringan dan gratis iuran tahunan bisa diprioritaskan.

2. Cek fitur kartu kredit

Sebelum memilih, hal wajib yang harus dilakukan adalah memeriksa seluruh fitur kartu kredit. Kumpulkan setidaknya 4-5 kartu kredit sebelum memilih satu di antaranya. 

Melakukan perbandingan fitur seperti bunga, annual fee, hingga biaya penalti bisa dilakukan tanpa Anda repot mendatangi atau menghubungi penerbit kartu satu per satu. Gunakan portal perbandingan produk finansial untuk melakukan pencarian kartu kredit terbaik.

3. Daftar sebelum berlibur

Salah satu motivasi terbesar milenial memiliki kartu kredit adalah untuk mendapatkan dukungan dana saat traveling. Memang, ada banyak keuntungan bisa diperoleh pemegang kartu kredit saat traveling

Selain itu, milenial yang sudah bekerja dan mandiri pasti tidak bisa lagi mengandalkan orang tua untuk mendukung dana traveling Anda. Karena itu, salah satu waktu terbaik untuk mendaftar kartu kredit adalah sebelum melakukan perjalanan atau akan melakukan pembelian dalam jumlah besar. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP