TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

BPS Jamin Inflasi Terkendali Hingga Akhir Tahun

Inflasi tertinggi terjadi di wilayah Sibolga dan deflasi di Pontianak.
BPS Jamin Inflasi Terkendali Hingga Akhir Tahun
Kantor BPS (Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pada September 2016, perkembangan indeks harga konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,22 persen. Dengan ini, diharapkan target inflasi tahunan bisa terkendali.

“September 2016, terjadi inflasi sebesar 0,22 persen. Dengan posisi ini, inflasi tahun kalender 1,97 persen dan year on year 3,07 persen,” ujar Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin 3 Oktober 2016.

Kecuk, sapaan akrab Suhariyanto menjelaskan, dari 82 kota IHK yang disurvei otoritas statistik, 58 kota tercatat mengalami inflasi, sedangkan 24 kota lainnya mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di wilayah Sibolga (Sumatera Utara) sebesar 1,85 persen

Sementara itu, inflasi terendah terjadi di wilayah Purwokerto (Jawa Tengah) dan Banyuwangi (Jawa Timur) di kisaran 0,02 persen. Sedangkan deflasi tertinggi dialami wilayah Pontianak, di kisaran 1,06 persen.

Menurut Kecuk, terjadinya inflasi pada September memang masih terpengaruh dari hari raya Lebaran umat Islam. Meski begitu, Kecuk meyakini, angka inflasi tahun ini akan tetap terkendali hingga akhir tahun.

“Sekarang, memang ada kenaikan tipis. Tetapi, angka inflasi year on year angkanya di bawah angka inflasi year on year 2015. Sehingga, situasi 2016 ini lebih terkendali,” katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP