Demo Ribuan Pekerja Freeport, Produksi Grasberg Terganggu

Tambang Freeport di Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Sekitar seribuan pekerja di tambang emas PT Freeport Indonesia, melakukan aksi mogok kerja sejak 28 September 2016 lalu. Hingga kini, operasional tambang terbuka Grasberg terganggu karena aksi tersebut. 

BBM Tak Turun, Buruh Kirim Ancaman di Pilpres 2024

"Saat ini, operasi pertambangan di tambang terbuka Grasberg terkena dampak dari gangguan pekerja. Sekitar 1.000 orang (Demonstran)," ujar juru bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama kepada VIVA.co.id, Senin 3 Oktober 2016. 

Dia mengungkapkan, negosisasi dengan para pekerja saat ini terus dilakukan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, mayoritas pekerja yang yang melakukan demostrasi adalah sopir dan operator alat berat, mereka menuntut kenaikan gaji dan bonus dari perusahaan. 

Demo Kenaikan BBM, Serikat Pekerja Minta Jokowi Mundur

“Freeport Indonesia saat ini sedang berupaya untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan operasi tambang terbuka sesegera mungkin," ungkapnya. 

Hingga saat ini, PTFI masih menghitung berapa kerugian materil akibat terganggunya produksi tersebut. 

Buruh dan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM

"Belum ada angkanya," tambahnya. (asp)

Demo Buruh Tolak Perppu Cipta Kerja

Ada Demo Buruh Tolak Perppu Cipta Kerja Hari Ini, Ribuan Aparat Jaga Istana Presiden

Partai Buruh dan simpatisannya akan menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Kepresidenan Jakarta, pada Sabtu 14 Januari 2023. Demo terkait penolakan Perppu Cipta Kerja

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2023