TUTUP
TUTUP
BISNIS

Dilarang Beli Rumah di Empat Kota di China Ini

Kota itu adalah Chengdu, Jinan, Wuhan, dan Zhengzhou.
Dilarang Beli Rumah di Empat Kota di China Ini
Bayi Panda (China Daily/via REUTERS)

VIVA.co.id – Empat kota di China mengumumkan kebijakan barunya di sektor properti, yaitu pembatasan pembelian rumah, atau berbagai jenis properti lainnya. Hal ini, untuk meredam kenaikan harga rumah yang terjadi karena ulah spekulan. 

Dilansir dari Reuters, Senin 3 Oktober 2016, keempat kota tersebut adalah Chengdu, Jinan, Wuhan, dan Zhengzhou. Langkah ini dilakukan pemerintah setempat, sebagai upaya mencegah penggelembungan bisnis sektor properti. 

Pengucuran kredit di sektor itu juga diperketat. Serentetan kebijakan sektor properti telah dikeluarkan pemerintah selama dua minggu terakhir. 

"Ini menunjukkan China sudah mencapai konsesus bahwa kekhawatiran tentang overheating  di pasat properti telah membayangi perekonomian," tulis OCBC dalam sebuah penelitian. 

Langkah ini, dinilai baik dilakukan pemerintah negeri tirai bambu tersebut. Apalagi, perekonomian China kini sangat berpengaruh baik di kawasan maupun di dunia. 

Sebagai informasi, saat ini banyak kota-kota kelas ekonomi menegah di China, yang menjadi incaran para spekulan properti. Sebelumnya, Tianjin, Hefei dan Suzhoujuga melakukan pembatasan pembelian rumah karena harga yang melonjak. 

Harga rata-rata rumah baru di 70 kota besar di China, naik 7,9 persen pada Agustus dari harga Juli. Hal itu diungkapkan Biro Nasional Statistik di negara tersebut. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP