TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Fokus ke Digital, Bank Belanda Ini Bakal PHK 7.000 Pegawai

Digitalisasi jasa keuangan sudah tidak bisa dihindari.
Fokus ke Digital, Bank Belanda Ini Bakal PHK 7.000 Pegawai
Bank ING di Belanda. (Reuters/Francois Leonir)

VIVA.co.id – Digitalisasi dalam kegiatan operasional sebuah perusahaan, terus dilakukan saat ini. Hal ini mengancam pasar ketenagakerjaan dan berisiko meningkatkan pengangguran di dunia. 

Reuters, Senin 3 Oktober 2016, memberitakan, salah satu bank terbesar di Belanda, ING mengumumkan rencananya untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), sebanyak 7.000 karyawannya. Investasi perusahaan pun bergeser dari peningkatan sumber daya manusia, ke platform digital. 

Penghematannya tidak tanggung-tanggung. Hingga 2021, diperkirakan mencapai US$1 miliar.

"Kami kuat sekarang, kemi memiliki hasil yang baik, kami tumbuh, dan kemudian harus melakukan perbaikan. Dan, ini harus dilakukan, ketika Anda tidak punya pilihan lagi," ungkap Chief Executive Officer ING, Ralph Hamers. 

Program PHK yang dilakukan ING ini adalah yang terberat sejak 2009. Ketika perusahaan itu terpaksa merestrukturisasi dan melakukan spin off bisnis asuransinya, setelah menerima bailout dari negara selama krisis keuangan. 

Sebagai informasi, karyawan yang akan di PHK setara dengan 12 persen dari total karyawan ING yaitu sebanyak 52 ribu pegawai. Dengan program ini, perusahaan optimistis dapat terus bersaing di tingkat global. 

Sementara itu, untuk pengembangan teknologi, investasi sebesar 800 juta euro akan dikucurkan untuk meluncurkan platform digital selama lima tahun ke depan di Spanyol, Italia, Prancis, Austria dan Republik Ceko.  

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP