TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Cara Pintar Hemat Pengeluaran Air Rumah Tangga  

Penggunaan air rumah tangga umumnya mencapai 6.300 galon air.
Cara Pintar Hemat Pengeluaran Air Rumah Tangga  
Ilustrasi menghemat pengeluaran air rumah tangga (Rumahku.com)

VIVA.co.id – Penggunaan air rumah tangga umumnya mencapai 6.300 galon air dan terbuang setiap tahunnya, sehingga tanpa disadari jumlah tagihan air rumah Anda tiba-tiba begitu mahal. Untuk itu, penghematan penggunaan air menjadi sangat dibutuhkan, bukan hanya menghematkan pengeluaran Anda, tetapi juga menjaga kelestarian alam.

Upaya penghematan itu pun ada beberapa cara, yang pertama Anda bisa menggunakan aerator keran tinggi efisiensi rendah arus. Keran air standar bertanggung jawab sebanyak 15 persen penggunaan air rumah tangga. Dengan menggunakan keran air efisiensi tinggi, dapat menekan penggunaan air hingga hanya empat persen. 

Aerator adalah sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam Akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh semua ikan air tawar dan air laut.

Aerator keran saat ini banyak tersedia di pasaran, dengan menggunakan aerotor Anda dapat menghemat lebih dari 500 galon air per tahun. 

Selain itu, Anda juga dapat memasang kepala shower arus rendah. Jika Anda menggunakan kepala shower standar, air yang dibuang sebanyak 2,5 galon air per menit. Sedangkan bila menggunakan kepala shower yang memungkinkan arus air menjadi lebih rendah, maka konsumsi air hanya sekira 1,5 galon air per menit. 

Untuk memasangnya pun mudah, hanya tinggal melepas kepala shower yang lama, lalu ganti dengan yang arus rendah. Bila diasumsikan dalam sebuah keluarga terdiri dari empat orang, dan mandi setiap hari, maka dapat menghemat sebanyak 2.000 galon air setiap tahun. 

Anda juga bisa memasang sebuah penutup nozel otomatis terletak antara pipa dan pancuran. Untuk mengoperasikannya, Anda hanya perlu menggunakan ibu jari Anda. Dengan penutup otomatis Anda dapat mengoperasikan ke arah off, sehingga air tidak keluar saat Anda melakukan keramas dan sabun tubuh Anda. Anda kemudian dapat memencet tombol ke posisi on, ketika Anda siap untuk bilas. 

Sedangkan jika Anda mengaplikasikan perangkat smart home, ada tools teknologi pintar yang akan mengukur jumlah air yang beraktivitas, digunakan setiap orang beraktivitas di kamar mandi.  Jika Anda menggunakan perangkat pintar ini, ia akan memberikan peringatan saat Anda dirasa terlalu lama berada di dalam kamar mandi. 

Dalam rangka menghemat air, Anda juga dapat menggunakan tangki untuk menampung air hujan. Anda dapat menyiram tanaman dan bunga dengan alat ini. Menggunakan tangki merupakan cara yang efektif untuk memanfaatkan air hujan. Ketimbang terbuang percuma dari atap langsung mengalir keselokan. 

Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran air rumah tangga dengan mendaur ulang air bekas atau cucian. Air daur ulang dapat digunakan untuk menyiram toilet atau taman. 

Satu hal yang perlu Anda pastikan, baiknya Anda menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk produk keperluan mandi Anda, bahan yang tidak meninggalkan bahan kimia berbahaya di dalam air. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP