KAI Luncurkan Kereta Cepat Jurusan Semarang-Surabaya

Peluncuran KA Ambarawa Ekspess di Stasiun Poncol Semarang
Sumber :
  • VIVA co.id/ Dwi Royanto

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IV Semarang secara resmi meluncurkan kereta baru jurusan Semarang-Surabaya. Rangkaian kereta baru tersebut diberi nama Kereta Api (KA) Ambarawa Ekspress yang didesain dengan teknologi baru dan cepat.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

KA Ambarawa Ekspress dioperasikan untuk melayani penumpang rute Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Turi Surabaya (PP). Kereta ini berangkat setiap hari dari Stasiun Poncol pukul 07.00 WIB dan 07.15 dari Stasiun Tawang.

Menurut Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Andika Tri Putranto, KA Ambarawa Ekspress dirancang menggunakan mesin baru dengan kecepatan lebih tinggi. KA ini telah meninggalkan mesin diesel yang dipakai KA pendahulunya yakni Blora Jaya dan Cepu Ekspress.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

"Kereta ini akan sampai Surabaya Pasar Turi pada pukul 11.55 WIB. Jadi waktu bisa lebih cepat. Karena KA sebelumnya mesinnya sudah tua," jelas Andika di sela-sela peluncuran di stasiun Semarang Poncol, Selasa, 4 Oktober 2016.

Andika menyebut nama Ambarawa Ekspress dipilih karena sebagai semangat mengenang perjuangan pahlawan di tanah Palagan Ambarawa. Terlebih KA ini diluncurkan bertepatan dengan rangkaian HUT PT KAI ke-71.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

KA Ambarawa Ekspress memiliki total kapasitas 640 tempat duduk dari delapan gerbong kereta kelas ekonomi AC. Para penumpang pun dipastikan akan lebih nyaman mengingat kereta ini dilengkapi pendingin udara, serta kursi duduk 2-2. Untuk harga tiketnya, perseroan menjual Rp60 ribu saat low season dan Rp130 ribu saat peak season.

"Harapannya kereta ini bisa menambah kontribusi pelayanan transportasi. Dengan menambah tingkat okupansi mencapai 100 persen," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Satrio Hidayat, memperkirakan, fasilitas dan rute baru KA Semarang Ekspress ini nantinya akan menjadi favorit warga. Karena KA ini melewati stasiun Ngombo, Jambon, Kradenan (Grobogan) Doplang, Randublatung, Cepu (Blora), Bojonegoro, Babat, Lamongan dan Pasar Turi.

"Saya kira daya beli ini banyak, karena segmennya menengah ke bawah. Dan warga yang bekerja di Surabaya akan sangat senang dengan kehadiran kereta baru ini," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya