TUTUP
TUTUP
BISNIS

Beban Bunga Utang RI Tahun Depan Tembus Rp221 Triliun

Beban bunga utang RI setiap tahun memang terus mengalami kenaikan.
Beban Bunga Utang RI Tahun Depan Tembus Rp221 Triliun
Ilustrasi peningkatan beban utang RI. (Halomoney)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memproyeksikan beban bunga utang yang ditanggung pemerintah untuk tahun anggaran 2017 mendatang, semakin meningkat dari periode-periode sebelumnya.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat mengatakan, estimasi beban bunga utang yang harus ditanggung oleh pemerintah untuk tahun depan diperkirakan mencapai Rp221 triliun.

"Yang harus dilunasi setiap tahun cukup meningkat. Estimasi kami bebannya Rp221 triliun," ungkap Askolani di gedung parlemen, Jakarta, Selasa 4 Oktober 2016.

Askolani mengakui, beban bunga utang hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada 2015, beban bunga utang mencapai Rp156 triliun. Angka itu pun kembali meningkat di 2016, menjadi sebesar Rp191 triliun.

Pemerintah, ditegaskan Askolani, akan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir beban utang ke depan, sehingga tidak melonjak. Di samping itu, juga menjaga risiko-risiko dalam pengelolaan utang di masa yang akan datang.

"Bunga utang jadi kewajiban pemerintah untuk dipenuhi, guna menjaga kredibilitas pengelolaan utang kita," katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP