TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tumbuhnya E-commerce Gairahkan Kembali Sektor Properti

Kebutuhan kantor untuk bisnis e-commerce otomatis dongkrak properti.
Tumbuhnya E-commerce Gairahkan Kembali Sektor Properti
Gedung Perkantoran (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVA.co.id – Senior Associate Director dari konsultan properti Colliers International, Ferry Salanto mengatakan, di tengah lesunya sektor properti Tanah Air belakangan ini, pihaknya tetap yakin ada beberapa sektor bisnis yang sedang berkembang dan membutuhkan ruang-ruang kantor baru untuk keperluan operasionalnya.

Ferry mengungkapkan, sektor yang berpotensi terus alami perkembangan ke depannya adalah bisnis e-commerce. Bisnis yang semakin menjamur di beberapa tempat ini bisa membuat sektor penjualan properti perkantoran kembali bergairah.

"Ke depannya, kami melihat ada tren baru, yaitu start up company (perusahaan perintis) yang bisnisnya berbasis online. Perusahaan start up ini biasanya bisa menjadi trigger (pemicu) penyewaan kantor-kantor baru, sesuai berkembangnya bisnis model online ke depannya," kata dia di Jakarta, Selasa 4 Oktober 2016.

Ferry meyakini, meskipun dampak dari perkembangan bisnis e-commerce mungkin tak terlalu signifikan bagi bisnis properti, tetapi potensi bergairahnya properti perkantoran masih ada dan bisa didorong oleh harga properti yang kian kompetitif lagi ke depannya.

Sebab, ketika pasar lesu dan transaksi semakin menurun, maka otomatis para pelaku usaha di sektor properti juga akan mencari cara, agar bagaimana unit propertinya itu bisa tetap menghasilkan uang.

"Strata office yang dijual, memang jumlahnya sekarang ini enggak terlalu banyak transaksi yang terjadi. Biasanya, kalau tidak banyak transaksi, maka harga akan turun," kata Ferry.

"Tapi saat ini, belum terjadi memang. Mereka masih bertahan sampai sekarang ini dengan opsi bahwa mereka tidak akan terlalu lama membiarkan (unitnya) itu tidak terpakai. Yakni, dengan cara disewakan lagi. Yang penting ada income," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP