TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

IMF: Ekonomi Global Melambat karena Amerika Serikat

Ekonomi AS diperkirakan akan tumbuh hanya 1,6 persen pada tahun ini.
IMF: Ekonomi Global Melambat karena Amerika Serikat
Ilustrasi ekonomi Amerika Serikat  (BusinessInsider)

VIVA.co.id – Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia semakin melambat dan hanya akan tumbuh sekitar 3,1 persen di 2016, turun dari 3,2 persen pada tahun lalu. Ekonomi dunia akan mulai naik pada 2017 menjadi 3,4 persen.

Dilansir CNN Money, Rabu 5 Oktober 2016, dalam laporan World Economic Outlook, IMF menyebut penyebab rendahnya pertumbuhan ekonomi global adalah semakin lambatnya pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS) dan keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Ekonomi AS diperkirakan akan tumbuh hanya 1,6 persen pada tahun ini, turun dari 2,6 persen di 2015. Proyeksi terakhir ini bahkan lebih rendah 0,6 persen dari proyeksi IMF sebelumnya tiga bulan lalu.

Revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi AS ini dilakukan IMF setelah melihat angka pertumbuhan ekonomi AS pada April hingga Juni lalu yang hanya tumbuh 1,4 persen.  Kinerja ekonomi AS jauh di bawah ekspektasi para ekonom.

"Ekonomi AS telah kehilangan momentum selama beberapa kuartal, dan ekspektasi kenaikan pada kuartal kedua di 2016 tidak terjadi," kata IMF.  

Meski demikian ekonomi negara-negara berkembang akan menguat. IMF mengharapkan pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang naik menjadi 4,2 persen tahun ini, setelah lima tahun berturut-turut mengalami penurunan.

IMF menyatakan pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat menyebabkan suku bunga tetap rendah untuk waktu lama.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP