Ketua REI Baru Harus Paham Kondisi Lapangan

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda
Sumber :

VIVA.co.id – Executive Director Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda angkat bicara terkait pemilihan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) 2016-2019 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. 

Jokowi Tawarkan 34 Ribu Hektare Lahan IKN ke Pengusaha Real Estate: Gak Ada Gratisan!

Menurutnya Ketua Umum REI selanjutnya haruslah sosok yang paham bagaimana kondisi industri properti Indonesia di lapangan.

Selain itu, Ali juga berharap jika Ketua Umum REI yang baru nanti, akan mampu membangun komunikasi yang baik dengan para stakeholder terkait di industri ini.

Joko Suranto, Crazy Rich Grobogan Jadi Calon Tunggal Ketua Umum REI

"Yang pasti tantangan ke depan lebih berat. Kita maunya Ketua Umum REI bisa mengetahui lapangan langsung, dan dekat dengan sejumlah stakeholder terkait," ujar Ali kepada VIVA.co.id, Rabu 5 Oktober 2016.

Selain itu, Ali berharap jika ke depannya, koordinasi di internal REI dan juga dengan pihak pemerintah bisa lebih diperbaiki lagi. Sebab, selama ini buruknya koordinasi selalu menjadi kendala bagi dunia properti tanah air.

REI Sebut UU Cipta Kerja Jadi Tantangan Utama Sektor Properti di Tahun 2023

"Karena masalah di REI kan selama ini adalah masalah koordinasi dengan internal maupun dengan pihak pemerintah. Jadi nanti kita minta ke mereka agar aspek ini lebih diperkuat lagi," ujarnya.

Terkait program apa yang harus segera dijalankan ketua umum REI yang baru tersebut, Ali menekankan pada program sejuta rumah yang dicetuskan pemerintah bisa segera terealisasi.

Terutama, lanjut Ali, pengembangan properti untuk kalangan menengah ke bawah juga harus kembali digenjot, karena saat ini juga banyak anggota REI yang tengah mengembangkan bisnis properti untuk kalangan tersebut di pasaran.

"Kalau saya lihat, sebenarnya program sejuta rumah penting untuk dilaksanakan, agar sejalan dengan pemerintah," kata Ali.

"Terlebih lagi, sekarang itu mereka juga harus memikirkan pasar untuk kelas menengah ke bawah. Karena saya lihat banyak dari anggota REI juga, yang saat ini bermain di pasar properti untuk kalangan menengah ke bawah itu," ujarnya.

Perlu diketahui, saat ini ada dua calon Ketua Umum DPP REI 2016-2019, Yaitu Soelaeman Soemawinata yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) REI Banten dan Hari Raharta yang sekarang menjabat Sekretaris Jenderal DPP REI Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya