TUTUP
TUTUP
BISNIS

Anda Ingin Beli Properti, Ini Tipsnya

Pertimbangkan dengan baik sebelum membeli properti.
Anda Ingin Beli Properti, Ini Tipsnya
Ilustrasi pameran perumahan. (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVA.co.id – Memiliki sebuah properti merupakan impian dari semua orang. Bahkan banyak dari para pekerja yang rela menyisihkan hampir sebagian dari penghasilannya hanya untuk membeli properti yang mereka inginkan.

Melambungnya harga properti setiap tahun serta ketersediaan rumah di lokasi strategis yang jumlahnya semakin sedikit tentunya menjadi sekian alasan mengapa properti adalah salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Untuk memberikan solusi, pihak pengembang mencoba memberikan beberapa kemudahan untuk membeli properti yang mereka bangun dengan memberikan diskon dan penawaran lainnya kepada calon konsumen.

Banyaknya pilihan rumah dan beberapa penawaran yang diberikan pengembang mungkin akan membingungkan Anda yang ingin segera membeli properti yang diimpikan. Untuk itu sebelum membelinya sebaiknya Anda membaca beberapa tips membeli properti berikut ini.

1. Pastikan tujuan membeli properti

Properti yang bisa akan dibeli bisa memiliki beberapa fungsi di antaranya bisa sebagai tempat tinggal, disewakan, atau justru menjadi ladang investasi. Dari ketiga pilihan tersebut sebaiknya pilih satu dan mempersiapkan segala keperluannya sejak awal.

Persiapan membeli rumah untuk sebagai tempat tinggal pribadi dan sebagai investasi tentunya sangat berbeda. Anda juga harus memperhatikan budget yang dimiliki karena harga dari sebuah properti tentunya berbeda-beda. Semakin mewah dan strategis suatu properti maka semakin mahal pula harganya.

2. Mempunyai pertimbangan yang matang

Pertimbangan di sini maksudnya adalah tidak boleh terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah properti. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan seperti masalah keamanan, kelengkapan surat-surat, serta reputasi dari pengembang itu sendiri. Hal-hal tersebut sangat krusial untuk dicari tahu karena membeli sebuah properti memerlukan kejelian dari calon pembeli agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Buat catatan dari properti pilihan

Ketika telah melakukan riset di berbagai properti yang dijual, Anda harus membuat catatan yang lengkap tentang informasi yang berhasil dikumpulkan dari beberapa properti pilihan.

Bisa juga menambah data yang dimiliki dengan beberapa foto serta denah dari properti tersebut. Data yang Anda kumpulkan ini berfungsi untuk membandingkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari beberapa properti yang disurvei. Setelah membandingkan data yang dimiliki tersebut diharapkan Anda mampu memilih properti yang memang cocok.

4. Jika perlu, gunakan jasa konsultan properti

Jika memiliki dana berlebih dan ingin membeli sebuah properti yang memang sesuai dengan keinginan,  Anda bisa menyewa jasa seorang konsultan properti untuk membantu dalam memilih properti yang pas.

Kemampuan analisa serta pengalaman yang lama dalam dunia jual beli properti pastinya dapat membantu mendapatkan hasil yang maksimal. Jika tidak memiliki budget berlebih bisa meminta bantuan pada teman atau saudara yang memang sudah berpengalaman dalam jual beli properti untuk membantu mencarikan properti yang sesuai.

5. Banyak mencari informasi properti 

Dalam setiap expo atau pameran properti biasanya para pihak pengembang memberikan sebuah diskon atau penawaran khusus untuk menarik calon pembeli agar mau membeli properti yang mereka tawarkan.

Saat-saat seperti inilah yang harus Anda manfaatkan karena tentunya Anda bisa mendapatkan diskon yang jauh lebih besar daripada saat Anda membelinya secara langsung. Hal yang harus diperhatikan adalah apakah diskon tersebut sesuai dengan kualitas properti yang ditawarkan dan beberapa faktor kelengkapan rumah lainnya atau tidak. Tentunya Anda tidak ingin menyesal setelah membeli properti tersebut bukan?

Pertimbangkan dengan baik sebelum membeli properti

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membeli sebuah properti. Karena membeli sebuah properti bukan suatu hal yang mudah, tidak boleh gegabah dalam membuat keputusan untuk membeli properti yang diinginkan.

Pertimbangkan masak-masak dan sesuaikan jumlah budget yang dimiliki dengan properti yang ingin dibeli. Hal lain yang harus diperhatikan adalah cari informasi yang lengkap tentang informasi dari pengembang dari properti tersebut.

Pengembang yang berintegritas sudah pasti akan memberikan pelayanan serta kualitas properti yang sesuai dan pastinya tidak akan mengecewakan calon pembeli.

(mus)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP