TUTUP
TUTUP
BISNIS

Paket Ekonomi XIV Bakal Sasar Deregulasi Peraturan Daerah

Banyak regulasi di daerah mengganggu iklim investasi.
Paket Ekonomi XIV Bakal Sasar Deregulasi Peraturan Daerah
Satgas paket kebijakan ekonomi

VIVA.co.id – Pemerintah dalam waktu dekat akan menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XIV, untuk memberikan stimulus bagi perekonomian. Kebijakan tersebut, akan difokuskan pada deregulasi peraturan daerah.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Lukita Dinarsyah Tuwo, dalam seminar bertajuk "Seberapa Jauh Dampak Paket Kebijakan Ekonomi?" mengatakan, fokus dalam paket lanjutan ini akan menyasar regulasi-regulasi di daerah.

"Rencana pak Menko (Darmin Nasution) tahap berikutnya akan mulai fokus deregulasi di daerah," katanya di gedung Bank Indonesia Jakarta, Kamis 6 Oktober 2016.

Lukita mengakui, banyak regulasi di daerah mengganggu iklim investasi maupun usaha. Padahal, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk meningkatkan kemudahan berbisnis di Indonesia.

"Banyak hal yang sudah diputuskan di pemerintah pusat, tidak jalan maksimal karena lokasi investasi atau usaha di daerah," ungkap Lukita.

Sebelumnya, Menko Darmin menyatakan tengah mempertimbangkan sejumlah fokus kebijakan yang akan diterbitkan dalam paket kebijakan selanjutnya. Namun, sayangnya mantan Gubernur Bank Indonesia itu enggan membeberkan lebih jauh, penekanan apa yang akan diberikan pemerintah dalam paket kebijakan selanjutnya. Meski begitu, Menko memastikan paket tersebut tidak lama lagi akan rampung.

“Tidak boleh dibilangin. Kalau dibilangin, nanti gregetnya kurang, gregetnya hilang. Mungkin dua minggu lagi (paket selanjutnya diterbitkan),” katanya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP