TUTUP
TUTUP
BISNIS

Inflasi Makin Terkendali, BI Turunkan Proyeksi 2016

Ada beberapa faktor yang dapat menghambat inflasi 2017.
Inflasi Makin Terkendali, BI Turunkan Proyeksi 2016
Logo Bank Indonesia yang tertera di kantor Bank Indonesia di Jakarta (Reuters/Iqro Rinaldi)

VIVA.co.id – Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi hingga akhir tahun semakin terkendali, yakni berada di rentang 3,1 – 3,2 persen. Turun dari proyeksi sebelumnya, di kisaran 3,2 – 3,3 persen. 

"Tren inflasi tahun ini, kami perkirakan 3,1 – 3,2 persen," ungkap Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Juda Agung di gedung BI, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2016.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi pada September di angka 0,22 persen, dengan posisi inflasi tahun kalender di angka 1,97 persen, dan inflasi secara year on year di angka 3,07 persen.

Otoritas moneter memperkirakan, perkembangan Indeks Harga Konsumen pada 2017, masih akan cukup rendah dan stabil, meskipun ada berbagai risiko. Salah satunya, yakni rencana pemerintah mengurangi pemberian subsidi listrik.

"Jadi, yang tarif 900 volt ampere, dari yang 22 juta pelanggan, menjadi 18 juta pelanggan," katanya.

Kendati demikian, Juda menegaskan bahwa meskipun risiko-risiko tersebut akan memengaruhi laju inflasi tahun depan, namun pengaruhnya masih tetap berada dalam target yang telah ditetapkan oleh bank sentral.

"Tarifnya akan naik, kami perkirakan dampak ke inflasi sebesar 0,9 persen. Tetapi, itu masih dalam perkiraan BI," tutur dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP