Periode I Tax Amnesty Sukses karena Gotong Royong

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi.
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Program pengampunan pajak, atau tax amnesty dinilai banyak orang telah mencapai kesuksesan. Hal ini dilihat dari pencapaian periode pertama tax amnesty yang hingga 30 September 2016, mencetak angka Rp3.441 triliun untuk total harta yang telah dideklarasi para Wajib Pajak (WP).

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi mengatakan, capaian praktik tax amnesty Indonesia tersebut diklaim sukses, karena didorong oleh azas gotong-royong bangsa.

"Tax amnesty Indonesia dibilang sukses, karena kita bergotong-royong. Azas yang kita pakai dan diterapkan dalam pajak. Negara lain enggak punya itu. Makanya, kita bisa lebih unggul dari negara lain," ungkap Ken di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak WP Besar IV, Jakarta, Kamis 6 Oktober 2016.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Selain itu, ia mengungkapkan kesuksesan program ini juga disebabkan oleh berkurangnya gap antara pemerintah dengan masyarakat, yang mengartikan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah saat ini terus alami peningkatan.

"Sekarang, masyarakat percaya ke pemerintah. Masyarakat percaya pegawai pajak. Sekarang bayar pajak enggak nunggu ketahuan. Masyarakat sekarang berbondong-berbondong bayar pajak," ujarnya.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Ia memandang, kesadaran membayar pajak rakyat Indonesia sudah meningkat saat ini. Terdapat pergeseran stigma. "Dahulu, orang enggak bayar pajak enggak malu, sekarang malu. Sekarang, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) selalu ada di kantong (dompet)," ucapnya.

Hal tersebut, menurutnya, juga mendukung realisasi praktik tax amnesty, selain kemudahan-kemudahan yang diupayakan pihak pajak maupun Pemerintah Pusat. "Kita sekarang transparan. Kita sudah mulai patuh karena hal-hal ini," ujarnya. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023