Bangun 170 Ribu Rumah, PT PP Gaet Perusahaan Korea

Ilustrasi perumahan rakyat.
Sumber :
  • kemenpera.go.id

VIVA.co.id – Perusahaan konstruksi milik negara, PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) telah menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan perusahaan konstruksi terbesar asal Korea Selatan, PT Hanwha Engineering & Construction Corporation (Hanwha).

Kata Menteri Basuki soal Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Direktur Utama PTPP, Tumiyana menyampaikan, aksi korporasi tersebut dalam rangka membangun 170 ribu unit perumahan terjangkau atau untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia, dengan menggunakan sistem precast concrete dalam lima tahun ke depan.

"Hal tersebut merupakan implementasi perseroan dalam mendukung program Pemerintah Republik Indonesia, yaitu Program Satu Juta Rumah yang dikhususkan untuk MBR agar dapat memiliki hunian yang layak untuk ditinggali," ujarnya di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2016.

Bos BTN Tegaskan Kolaborasi dengan REI Bukan Sekadar Bisnis Semata

Dalam kerja sama ini, Tumiyana menjelaskan, perseroan melalui anak usahanya yang bergerak di bidang precast, yaitu PT PP Pracetak bertindak selaku penyedia proyek, sedangkan Hanwa bertanggung jawab sebagai supervisi desain precast construction maupun plan.

Untuk menunjang kecepatan dan kualitas pelaksanaan konstrusi pembangunan rumah untuk MBR, Tumiyana mengatakan, perseroan akan melakukan investasi dengan membangun pabrik precast gedung yang menggunakan teknologi tinggi, dan disertai dengan software engineering.

JICA, BCA dan Citi Suntik BTN Rp1,4 T untuk Program Satu Juta Rumah

"Dengan software engineering, maka bisa mengintegrasikan antara proses engineering dan proses produksi precast, sehingga akan lebih cepat. Nantinya bisa efisien waktu dan biaya." 

BUMN konstruksi ini berharap bisa menjawab tantangan dari pemerintah dalam penyediaan rumah tinggal yang dibangun dalam waktu singkat dan memiliki kualitas yang baik serta transfer teknologi konstruksi yang sudah berkembang secara Internasional untuk diterapkan di Indonesia.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya