Kereta Api Berbahan Bakar LNG Mulai Beroperasi 2018

Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com

VIVA.co.id – PT Pertamina tengah mengadakan uji coba kereta api berbahan bakar gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) untuk di Balai Yasa PT Kereta Api Indonesia (KAI), Yogyakarta. Kereta Api LNG ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada kuartal empat 2018.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

"Kereta LNG ini dapat mulai 2018, kuartal empat, dengan asumsi harga minyak tidak mengalami anjlok," ujar Vice President LNG Pertamina, Didi Sasongko Widi, dalam diskusi media di kantor pusat Pertamina Jakarta pada Jumat 7 Oktober 2016.

Dia menjelaskan, Pertamina telah menandatangani perjanjian komersial untuk pengadaan kereta api berbahan bakar LNG dengan PT KAI sudah ada sejak 2015. Harapannya, tes uji coba tersebut akan berhasil sehingga kereta api LNG dapat segera dioperasikan.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

Kereta api LNG ini akan dioperasikan untuk wilayah Jawa Pantai Utara. Didi memperhitungkan, kebutuhan LNG untuk dapat menggerakkan kereta api ini sekitar lima juta metrik standar kaki kubik.

LNG untuk kereta api akan disuplai dari Tangguh, Bontang dan Papua. Ia mengatakan, penerapannya dilakukan secara bertahap. (asp)

Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan Kereta Jarak Jauh
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022