TUTUP
TUTUP
BISNIS

Susah Tembus KPR, Ini Cara Alternatif Punya Rumah

Ada banyak syarat harus dipenuhi sebelum dapatkan KPR.
Susah Tembus KPR, Ini Cara Alternatif Punya Rumah
Ilustrasi rumah (Pixabay)

VIVA.co.id – Membeli rumah menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang sangat membantu. Khususnya bagi mereka yang tidak mampu membeli secara tunai. Sayangnya, meski membeli rumah secara KPR sangat umum, ada banyak orang yang tidak bisa mengakses fasilitas pembiayaan satu ini.
 
Maklum, ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang mendapatkan KPR. Contohnya, memiliki uang muka yang cukup, penghasilan minimal memenuhi kriteria bank dan memiliki penghasilan tetap. 

Bagi Anda yang belum bisa mengakses KPR, jangan sedih. Berikut ini alternatif cara yang bisa Anda tempuh untuk memiliki rumah:

1. Manfaatkan pembiayaan developer

Developer atau pengembang besar biasanya bekerja sama dengan bank untuk memberikan layanan kredit perumahan bagi pembeli. Namun, perkembangan pasar perumahan memunculkan alternatif pembiayaan lain yakni kredit rumah yang ditawarkan langsung oleh pihak developer

Biasanya, pengembang yang menawarkan fasilitas seperti ini adalah pengembang kecil atau pengembang yang modal usahanya berasal dari keuangan pribadi. Jika KPR bank umum memiliki persyaratan yang ketat, metode pembiayaan baru ini justru lebih fleksibel. 

Namun, jangka waktu pelunasan atau tenor yang diberikan pengembang biasanya lebih singkat yakni berkisar antara 3 tahun hingga 5 tahun.

2. Menjaminkan aset

Anda sangat membutuhkan rumah namun terhalang keterbatasan biaya, kenapa tidak menjaminkan aset yang Anda miliki. Misalnya, Anda memiliki warisan berupa tanah perkebunan atau pertanian. Gunakan aset tersebut untuk mendapatkan pinjaman bank. 

Uang tunai yang Anda peroleh kemudian bisa digunakan untuk membeli rumah. Namun ingat, untuk melakukan hal ini Anda harus lebih dahulu membuat pertimbangan dan perencanaan yang matang. Pastikan bahwa di masa mendatang Anda memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk membayar pinjaman bank tersebut.

3. Hidup sederhana

Semua orang tentu berpikir membeli rumah secara tunai agar menghindari bunga KPR. Namun, impian ini tidak mudah untuk direalisasikan. Daripada terus bermimpi, lebih baik Anda membuat tindakan nyata. Salah satu caranya adalah hidup sederhana. 

Bila Anda dan pasangan Anda sama-sama bekerja, cobalah untuk mengurangi pengeluaran hingga titik yang paling dimungkinkan. 

Contohnya, bila total penghasilan bulanan Anda dan pasangan mencapai Rp15 juta, cobalah untuk hidup dengan modal Rp5 juta sebulan. Memang sulit karena Anda harus meninggalkan sekian kenyamanan yang bisa diperoleh dari pengeluaran Rp15 juta per bulan.
 
Namun, uang yang bisa Anda simpan di akhir tahun cukup lumayan. Bila menyimpan setidaknya Rp10 juta per bulan, dalam setahun tabungan Anda sudah mencapai Rp120 juta.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP