TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

OPEC Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 3 Persen

Pemangkasan produksi salah satu cara menjaga harga minyak dunia.
OPEC Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik 3 Persen
Ilustrasi rig lepas pantai. (REUTERS/Andy Buchanan/Pool/Files)

VIVA.co.id – Harga minyak dunia awal pekan ini meningkat pada level tertinggi setelah pada Senin lalu Rusia menyatakan siap bergabung dengan organisasi negara pengekspor minyak atau OPEC untuk mengendalikan produksi minyak mentah dunia.

Dilansir dari laman CNBC, Selasa 11 Oktober 2016, harga minyak berjangka Amerika Serikat ditutup naik US$1,35 atau 3,1 persen ke level US$51,35 per barel. Angka tersebut merupakan level tertinggi sejak 15 Oktober 2015.

Kemudian, untuk patokan minyak mentah dunia berjangka Brent juga tercatat naik US$1,06 atau 2 persen, menjadi di level US$52,99 per barel. Sebelumnya, harga Brent tertinggi mencapai US$53,73 per barel pada 9 Oktober 2015.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan upaya pembekuan atau pemangkasan produksi minyak dunia adalah sebuah keputusan yang tepat saat ini untuk menjaga stabilitas sektor energi dunia.

Untuk itu, Putin dalam pidatonya pada pertemuan energi di Istanbul menyatakan Rusia siap bergabung untuk mendukung langkah-langkah bersama untuk mengatasi produksi minyak dan menyerukan pada seluruh negara eksportir minyak dunia lainnya bergabung

Dalam pertemuan di Istambul tersebut, OPEC sepakat memotong produksi minyak dunia sekitar 700 ribu barel per hari, sehingga per harinya hanya mencapai 32,5 juta hingga 33 juta per barel. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP