TUTUP
TUTUP
BISNIS

Terpuruknya Samsung Membuat Pasar Asia Dibuka Bervariasi 

Saham samsung jatuh akibat gagalnya produk Galaxy Note 7.
Terpuruknya Samsung Membuat Pasar Asia Dibuka Bervariasi 
Indeks Bursa Saham China (Reuters)

VIVA.co.id – Pasar saham asia dibuka bervariasi pada awal perdagangan Selasa 11 Oktober 2016. Saham Samsung Electronics menjadi fokus pelaku pasar asia saat ini setelah terjun tajam akibat reaksi dari gagalnya produk Galaxy Note 7 baru-baru ini.

Dilansir dari laman CNBC, Selasa 11 Oktober 2016, Indeks Korea Selatan Kospi tercatat turun 0,07 persen, yang didorong oleh saham Samsung yang turun mencapai 3,81 persen. Kemudian, Indeks Jepang Nikkei 225 dibuka naik 0,77 persen setelah tutup pada senin kemarin.

Lalu, untuk Indeks Australia ASX 200 tercatat naik hingga sebesar 0,31 persen pada awal perdagangan, yang didukung oleh kenaikan saham-saham energi terkemuka yang mencapai 2,03 persen.

Untuk saham Samsung Electronics yang alami kejatuhan pada pembukaan hari ini, pasar masih melihat bahwa raksasa teknologi Korea Selatan ini masih menghentikan penjualan dan terus melakukan penukaran smartphone (telepon pintar) Galaxy Note 7 yang telah mereka keluarkan.

Bahkan, pada laporan akhir pekan lalu perangkat smartphone yang ditukar oleh Samsung kepada pembelinya masih mengalami masalah, yaitu rawan terbakar seperti halnya produk sebelumnya yang banyak dikeluhkan pengguna.

Sementara itu, adanya pasar Asia yang dibuka positif pagi ini, sebagian didorong oleh naiknya harga minyak mentah Amerika Serikat yang mencapai tiga persen ke level US$51,35 per barel, sedangkan brent naik 2 persen ke level US$52,99 per barel. 

Untuk saham energi di Australia tercatat saham Santos meningkat hingga 4,62 persen, sedangkan Oil Search naik 2,57 persen, Jepang Inpex naik 3,85 persen, dan Korea Selatan S-Oil naik 1,74 persen.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP