TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Menteri Bambang: Universitas Bakrie Mirip Kampus Elit AS

Universitas ini bentuk komitmen keluarga Bakrie dorong perekonomian.
Menteri Bambang: Universitas Bakrie Mirip Kampus Elit AS
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, berpidato di Universitas Bakrie, Jakarta.  ( Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro, mengagumi besarnya komitmen keluarga besar Bakrie dalam mengembangkan perekonomian dan pendidikan nasional. Salah satu komitmen mereka adalah mendirikan dan menumbuh-kembangkan Universitas Bakrie di Jakarta.

Maka, Bambang berharap apa yang dilakukan keluarga besar Bakrie ini bisa diikuti oleh keluarga-keluarga pengusaha lain. Dengan demikian, peningkatan kualitas pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk bersaing di kancah global.

"Saya memuji keluarga Bakrie yang membangun universitas. Kita berharap yang mampu membuat agar mengikuti," kata Bambang saat menghadiri wisuda angkatan ke VI, Universitas Bakrie, di Jakarta, Selasa 11 Oktober 2016. Dia pun menyamakan komitmen pendirian Universitas Bakrie dengan salah satu kampus elit di Amerika Serikat, yaitu Stanford University.

Bambang mengungkapkan, jiwa besar keluarga Bakrie mirip dengan seorang petani bernama Stanford di Amerika Serikat, yang juga membangun universitas dengan kualitas sebanding dengan Harvard.

"Dulu awalnya petani itu ingin menyumbang pada yayasan Harvard, namun di tolak. Kemudian ia mendirikan universitas atas nama dirinya, Leland Stanford University, atau dikenal sebagai Universitas Stanford," paparnya.

Atas semangat itu, menurut Bambang pemerintah sangat mendukung pengembangan pendidikan di era globalisasi. Hal ini mengacu pada paradigma desentralisasi dan globalisasi yang membutuhkan penguasaan Iptek, SDM berkualitas, jiwa entrepreneur dan tidak pantang mundur.. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie, Ike Nirwan Bakrie mengungkapkan pendirian universitas ini sesuai amanat sesepuh keluarga ini, Achmad Bakrie.

"Amanah bapak Achmad Bakrie dari setiap sen keuntungan yang ada harus didedikasikan untuk hal bermanfaat. Ini yang menjadi semangat pendirian yayasan ini," ungkap Ike.

Ike menambahkan dalam perjalanannya Universitas Bakrie terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan para alumni yang mempunyai kemampuan untuk bersaing di era global. 

"Terbukti lulusan kami mampu bersaing dengan lulusan universitas lain yang lebih dulu. Bahkan beberapa mahasiswa kami mendapat beasiswa keluar negeri. Hal serupa dengan para pendidiknya, mereka mempunyai prestasi baik nasional maupun internasional melalui berbagai karya ilmiah," ungkapnya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP