TUTUP
TUTUP
BISNIS

Tiga Rute Pelayaran Logistik Ditawarkan ke Swasta

Dengan nilai proyek mencapai US$120 miliar.
Tiga Rute Pelayaran Logistik Ditawarkan ke Swasta
KM Caraka Jaya Niaga III-32, kapal tol laut, sesaat sebelum berlayar perdana di Dermaga Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (VIVA.co.id/Tudji Martudji)

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menawarkan tiga rute yang akan dibuka oleh pemerintah untuk membantu distribusi barang ke sejumlah daerah pada tahun depan dengan nilai proyek mencapai US$120 miliar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, ketiga proyek tol laut tersebut sudah diminati, yang mayoritasnya merupakan anggota Persatuan Pengusaha Pelayanan Niaga Nasional Indonesia (INSA).

Ketiga rute yang ditawarkan, di antaranya adalah wilayah Jakarta-Sumatera Barat, Surabaya-Kalimantan TImur dan Sulawesi Barat, serta Surabaya-Maluku. Budi mengakui, proses tender akan segera dilakukan, usai penyelesaian administrasi.

“Kami sedang persiapkan dokumen, tender bisa dimulai bulan depan. Tinggal kami undang saja,” kata Budi, Selasa 11 Oktober 2016.

Menurut dia, sektor swasta memang menjadi alternatif lain bagi pembentukan sektor ekonomi strategis di berbagai daerah, di tengah kas keuangan negara yang memang tidak memadai saat ini untuk menggenjot seluruh infrastruktur laut.

“Diutamakan swasta, tapi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga ikut. Kami harapkan swasta yang masuk,” tutur Budi.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP