TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Trade Expo Indonesia Dibuka Jokowi, Targetkan Rp2 Triliun

Kementerian Perdagangan menargetkan 14.700 pembeli dari 119 negara. 
Trade Expo Indonesia Dibuka Jokowi, Targetkan Rp2 Triliun
Trade Expo Indonesia (TEI) 2016  (Shintaloka Pradita Sicca / VIVA.co.id )

VIVA.co.id – Sebanyak 1.100 perusahaan nasional akan menjadi bagian dari pameran berkelas internasional, Trade Expo Indonesia (TEI) 2016, yang diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). 

Acara yang bertempat di JIExpo Kemayoran Jakarta itu akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, hari ini Rabu 12 Oktober 2016 pukul 10.00 WIB.

Kemendag menargetkan 14.700 buyer dari 119 negara. Adapun produk unggulan ekspor dari 1.100 perusahaan ini dipamerkan di area seluas 50 ribu meter persegi, yang terbagi dalam enam zonasi, yaitu manufaktur, furnitur dan dekorasi rumah.

Kemudian, produk makanan, minuman, perikanan dan pertanian. Kemudian kerajinan premium, kecantikan, dan gaya hidup. Ada pula industri kreatif, serta jasa dan investasi.

Menurut pantauan VIVA.co.id, keramaian sudah mulai terlihat dari pengunjung baik domestik maupun internasional, serta terlihat juga para petugas keamanan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sehari sebelum acara ini dimulai mengungkapkan dari TEI ini bertujuan untuk mendongkrak ekspor produk dalam negeri. "Kita targetkan (transaksi ekspor) Rp2 triliun, di tempat ini saja," ujar Enggar.

Kemendag saat ini menerapkan strategi diversifikasi pasar tujuan ekspor. Buyers dari pasar non tradisional yang akan mendominasi arena TEI adalah dari Afrika dan Timur Tengah.

Tidak hanya itu, Enggar mengaku juga sedang mempertimbangkan akan menggelar acara serupa di  daerah lain di Indonesia karena menurutnya masih banyak potensi daerah yang bisa jadi unggulan. 

"Tak menutup kemungkinan juga akan digelar di daerah lain, karena mereka punya ragam produk unggulan yang layak kita promosikan di pasar internasional," katanya.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP