Berantas Pungli Perizinan, Ini Saran Pengusaha

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap ke depannya regulasi untuk perizinan terkait perdagangan dan industri bisa berbasis online. Layanan online dinilai akan meminimalisir pungutan liar (pungli).

Innalillahi, Ayah Rosan Roeslani Meninggal Dunia

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan P Roeslani menilai, panjang urusan perizinan yang harus diproses secara langsung atau tatap muka, membuat risiko korupsi semakin terbuka. Hal itu terbukti, dengan terungkapnya kasus pungli di Kementerian Perhubungan kemarin.

"Jalan keluarnya apa? Udah pakai online semua saja. Mau perpanjangan izin pakai online, tidak perlu ke beberapa meja. Kalau bertemu fisik, kemungkinan punglinya makin besar," katanya di Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2016.

Jokowi Akan Lantik Dubes Baru Hari Ini, Ada Rosan hingga Fadjroel

Menurutnya, untuk merealisasikan sistem online, pemerintah harus mengubah kebiasaan masyarakat untuk terbuka dengan pelayanan publik berbasis digital. 

"Sistem online itu tinggal menunggu kebiasaan dari masyarakat Indonesia yang telah terbiasa dalam sistem manual," ujarnya.

Keputusan Besar Anindya Bakrie soal Munas Kadin Banjir Pujian

Ia mencontohkan seperti layanan boarding pass di luar negeri yang memanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi (TI) dan dapat digunakan langsung secara mandiri oleh setiap orang. Layanan berbasis TI di luar negeri sudah umum dimanfaatkan di berbagai hal.

Jika, regulasi perizinan Indonesia telah menerapkan sistem online, dia optimistis, pungli dapat diminimalisir.  
 

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan P Roeslani

Dubes Rosan: Muslim Indonesia Harus Jadi Wajah Islam yang Ramah

Muslim Indonesia berbangga karena selama ini dianggap sebagai wajah dari Islam yang ramah, berjalan beriringan dengan modernitas, demokrasi dan hormati hak wanita.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2021