TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
BISNIS

Mau Sukses Bisnis Musiman, Begini Caranya

Dalam tiga bulan ke depan ada momen Natal dan tahun baru.
Mau Sukses Bisnis Musiman, Begini Caranya
Ilustrasi pebisnis musiman.

VIVA.co.id – Menjelang akhir tahun, ada banyak momen yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari uang. Salah satunya adalah menjalankan bisnis musiman. 

Dalam tiga bulan ke depan ada momen Natal dan tahun baru, yang biasanya disertai dengan meningkatnya daya beli masyarakat. 

Ada begitu banyak ide bisnis musiman yang bisa dijalankan mulai dari berjualan baju, pernak pernik, makanan hingga tur guide dadakan. Berniat menjajal salah-satunya? Tetapi, tunggu dulu. 

Menjalankan bisnis sampingan tidak mudah loh. Agar Anda berhasil, berikut tips sukses yang harus diterapkan:

1. Pastikan barang yang Anda tawarkan dibutuhkan pasar

Daya beli masyarakat memang meningkat menjelang akhir tahun. Namun, bukan berarti semua hal yang Anda jual akan diserap habis oleh pasar. 

Karenanya, pastikan terlebih dahulu jika barang yang Anda tawarkan dibutuhkan oleh pasar. Untuk mengetahui kebutuhan masyarakat, Anda harus melakukan riset pasar. 

Anda tidak mau kan, setelah modal digelontorkan dan bisnis berjalan tidak ada seorang pun yang berminat membeli barang Anda? Riset pasar juga mencakup peta persaingan dan harga jual. 

2. Maksimalkan sosial media untuk promosi

Saat ini, dunia telah terkoneksi secara global melalui internet, sedangkan sosial media merupakan salah satu sarana komunikasinya. Bila bisnis musiman Anda ingin sukses, promosikan keberadaannya melalui sosial media. 

Bila Anda tidak melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, atau Instagram, bisa dipastikan bila Anda telah kehilangan ratusan pelanggan potensial. 

Bila Anda merasa jenis bisnis Anda tidak akan mendapatkan banyak keuntungan dari sosial media, tetap lakukan promosi melalui flyer, spanduk, selebaran, bahkan bila perlu Anda mendatangi event dan pertemuan komunitas yang punya relasi dengan bisnis Anda.

3. Kontrol barang persediaan Anda

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pebisnis musiman pemula adalah menyediakan barang persediaan terlalu besar. Ingat, jangka waktu bisnis Anda tergolong singkat. Karenanya, sesuaikan barang persediaan dengan target yang ingin Anda capai.
 
Biasanya, pebisnis yang rakus akan menyediakan barang persediaan sebanyak-banyaknya, agar bisa memperoleh keuntungan besar. Namun, yang terjadi barang kebutuhan itu harus dijual murah karena tidak habis, atau bahkan dibuang karena tidak dapat lagi digunakan.

4. Investasikan keuntungan

Rencana bisnis memiliki peran yang penting dalam perjalanan sebuah bisnis. Kegagalan, bahkan kesuksesan sebuah bisnis terkadang sudah dapat dilihat saat rencana bisnis dibuat. 

Namun, yang tidak kalah penting adalah rencana setelah bisnis berjalan. Jika Anda sukses di akhir musim, apa yang akan Anda perbuat dengan keuntungan yang diperoleh? Kebanyakan pebisnis pemula menggunakan uang, yang diperolehnya dalam waktu singkat, semata untuk kebutuhan konsumsi. 

Ketika keuntungan habis dikonsumsi, Anda pun gigit jari ketika musim bisnis berikutnya datang. Sebab, Anda tidak punya modal yang cukup. 

Salah satu cara bijak untuk menyiasati kondisi ini adalah menyisihkan sebagian untuk investasi. Dengan investasi, Anda memiliki dana yang tersimpan dengan aman untuk modal bisnis berikutnya. Selain itu, Anda akan menikmati keuntungan dari hasil investasi tersebut. (asp)

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP