Saham di BEI Cuma Naik Tipis, Minim Sentimen Positif

Investor sedang mengamati papan IHSG di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia dibuka naik tipis 0,07 persen atau 3,61 poin ke level 5.368,22 pada perdagangan sesi I pagi ini, Kamis 13 Oktober 2016.

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan IHSG tengah mengalami balik arah atau rebound terbatas dengan harapan masih dapat bertahan di atas batas bawah 5.337.

"Diharapkan peluang tersebut terbuka, meski tetap cermati sentimen yang ada sebagai antisipasi jika masih terjadi pelemahan lanjutan," ujarnya di Jakarta.

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Menurut Reza, usai penguatan di perdagangan sebelumnya, laju IHSG kembali gagal melakukan perlawanan. Masih minimnya sentimen positif dari domestik membuat para pelaku pasar fokus terhadap isu yang sedang berkembang di bursa saham global.
 
Selain itu, minimnya sentimen dari dalam negeri membuat laju IHSG melanjutkan trend sideways (cenderung mendatar) di tengah melemahnya laju bursa Asia.

"Tidak hanya itu, aksi jual asing yang dilakukan secara besar pada perdagangan kemarin akibat sentimen eksternal mengenai suku bunga Amerika Serikat, dan pandangan negatif mengenai dampak Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) masih menjadi penghambat laju IHSG," tutur Reza.

IHSG Dibuka Menghijau, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Ditambah, kondisi bursa saham di kawasan Asia yang berada di area negatif turut mempengaruhi psikologis pelaku pasar di dalam negeri, sehingga cenderung melakukan aksi jual.

(ren)

Ilustrasi papan saham IHSG.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan karena saham-saham dari sektor pertambangan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2021