TUTUP
TUTUP
BISNIS

Enam Ide Bisnis Tidak Wajar yang Berhasil Sukses

Mulai dari bisnis toilet hingga abu kremasi.
Enam Ide Bisnis Tidak Wajar yang Berhasil Sukses
9gag.com (CNBC)

VIVA.co.id – Ada banyak bisnis sukses karena terkenal dengan keunikan dan ciri khas yang dimiliki produk dari bisnis tersebut. Menjalankan sebuah bisnis saat ini, ternyata tidak cukup hanya memiliki modal dan kemauan saja.

Anda perlu mengetahui, akan menjalankan bisnis apa dengan modal yang ada. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan prospek ke depannya bagi bisnis tersebut, apakah bisa bertahan lama atau tidak.

Seiring berkembangnya zaman, ternyata mulai bermunculan beberapa bisnis yang idenya unik, terkesan nyeleneh, tapi tidak dipungkiri hasilnya cukup menguntungkan. Lalu, apa saja bisnis unik yang belum banyak di Indonesia ini?

Siapa tahu, salah satunya bisa Anda jadikan ide bisnis untuk tahun ini. Berikut ini ada enam ide bisnis yang bisa dicoba di Indonesia:

1. Modern toilet restoran

Mendengar kata toilet, mungkin Anda akan merasa jijik, dan itu adalah hal pribadi dari setiap orang yang menggunakannya. Namun, toilet yang satu ini bukanlah seperti kamar mandi atau WC umum, ini adalah sebuah konsep menyajikan makanan yang baru di sebuah restoran.
 
Seperti yang dilakukan restoran di Taiwan, mereka menggunakan toilet sebagai pengganti piring untuk menyajikan makanan yang dipesan oleh pelanggannya. Modern toilet restoran ini didirikan oleh Wang Zi Wei.

Wang terinspirasi toko es krim yang salah satu wadah es krimnya berbentuk toilet. Hingga saat ini usaha unik tersebut sudah memiliki 12 cabang, salah satunya ada di Hong Kong.

2. Udara segar dalam kaleng

Inspirasi bisnis ini datang dari China. Saat itu, keadaan cuaca di sana sedang memburuk, namun hal tersebut malah dijadikan ajang persaingan bisnis untuk seorang  jutawan bernama Chen Guangbiao. Ia menjual udara segar dalam bentuk kaleng.

Dia mengaku bahwa udara segar dalam kaleng tersebut, diambil dari daerah terpencil dan masih murni dari pencemaran udara di kota besar di China. Tidak disangka, bisnis unik ini menghasilkan keuntungan, bahkan di sepuluh hari penjualannya.

Dia berhasil menjual delapan juta kaleng dengan harga per kaleng lima yuan. Di balik keuntungan yang didapat tersebut, sang pengusaha juga menyumbang sebagiannya untuk daerah miskin di China.

3. Semangka kotak

Apa jadinya jika buah semangka menjadi berbentuk kotak? Di Jepang, hal ini terjadi. Awalnya para pembeli semangka susah menyimpan semangka mereka di kulkas, karena bentuknya yang bulat.

Akhirnya ide ini direalisasikan dengan menanam semangka di dalam kotak kaca. Hasilnya, semangka benar-benar berbentuk kotak. Karena bentuknya yang unik, harga semangka kotak ini juga lebih mahal.

4. 9gag.com

Bisnis unik ini berupa sebuah website yang digunakan khusus untuk bersenang-senang saja. para pengguna yang berkunjung ke situs ini, akan dipersilahkan untuk mengunggah gambar lucu atau video. Setelah itu para pengguna dapat menilai dan mengomentari hal tersebut. situs yang diluncurkan tahun 2008 ini, mengalami perkembangan yang cepat hingga sekarang.

5. Bisnis kopi Luwak

Mendengar kata kopi Luwak, sepertinya warga Indonesia sudah tidak asing lagi. Produk kopi Luwak ini bahkan sudah menjadi salah satu yang paling laris manis, bahkan hingga sampai mancanegara.

Kopi asli Indonesia ini berasal dari biji kopi yang dimakan hewan bernama Luwak, lalu kemudian dibuang dalam biji kotoran dan diolah kembali menjadi kopi Luwak yang populer itu. Di luar negeri, setiap 100 gram biji kopi Luwak dijual seharga US$40 atau sekitar Rp520 ribu (kurs Rp13.000) dan untuk satu kilogram biji kopi Luwaknya dijual seharga US$350 atau sekitar Rp4,55 juta.

6. Permata Abu Mayat

Bisnis unik ini berasal dari Korea Selatan. Setiap anggota keluarga yang dicintai telah meninggal dunia, mereka tidak ingin melupakannya begitu saja.

Akhirnya mereka memutuskan untuk menyimpan abu kremasi dari anggota keluarga mereka dalam bentuk permata. Inovasi ini muncul dari perusahaan kremasi bernama Bonhyang.

Ternyata dia berhasil menjadikan abu kremasi menjadi kristal, dengan cara memanaskannya dalam waktu 90 menit. Untuk bisnisnya ini, setiap pelanggan harus membayar US$900 atau sekitar Rp11,7 juta untuk membuat permata dari kremasi. Bisa dibayangkan keuntungan yang akan diperolehnya, sangat maksimal. (ase)

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP